logo

Dandim 1802 Sorong: Warga Diimbau Antisipasi Bencana Gempa,Longsor Dan Banjir

Dandim 1802 Sorong: Warga Diimbau Antisipasi Bencana Gempa,Longsor Dan Banjir

Dandim 1802/Sorong, Letkol Inf Budiman S.E./Foto:Humas Kodim
24 Oktober 2019 05:53 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG: Komandan  Kodim 1802/Sorong, Letkol Inf Budiman S.E, Kamis (24/10/2019), mengatakan, pihaknya selalu  mengimbau warga daerah  Sorong Raya  Provinsi Papua Barat,  untuk  memahami  tentang  antisipasi dan penanganan bencana.

Seperti diketahui, bahwa Sorong dan Papua Barat umumnya merupakan  kawasan  rawan bencana alam. Apakah  gempa, banjir , longsor dan sebagainya seperti terjadi  beberapa tahun lalu di Wasior, Sorong Raya dan sejumlah daerah lainnya..

Masalah ini merupakan salah satu materi khusus dalam rapat-rapat apakah dengan pimpinan daerah mau pun stakeholder lainnya.

Dikatakan Dandim Budiman, belum lama ini di Hotel Vega Sorong digelar  pertemuan untuk membahami antisipasi penanganan bencana. “Pada kegiatan tersebut  hadir para intansi teknis, tokoh masyarakat, tokoh agama  para lurah mau pun kepala kampung.

Karena provinsi Papua Barat merupakan daerah atau kawasan rawan bencana maka setiap instansi pemerintah mau pun swasta harus memiliki program penanggulangan bencana jika terjadi.

 Karena bencana alam seperti itu tak hanya merusak harta benda tapi juga menelan korban jiwa.  Dan hal itu sudah sering dialami warga Papua Barat khususnya di Sorong Raya.
 

"Kita tidak bisa menghindar, namun setidaknya mengurangi dampak buruknya. Maka perlu upaya pencegahan sehingga setiap daerah lebih siap," katanya.

Selain isu kebencanaann tapi juga warga diimbau untuk biasakan diri hidup sehat misalnya cuci tangan sebelum makan. Juga, harus mandi  dan sikat gigi  serta rajin berolahraga sehingga  kesehatan tubuh itu tetap terjaga.

“Kami juga terlibat dalam berbagai penyuluhan kepada  pelajar, siswa dan mahasiswa untuk kegiatan bela negara. Dan, ternyata  anak muda di daerah ini pun sangat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan positif tersebut,”kata Dandim Budiman.

Pihak Kodim 1802 Sorong juga banyak terlibat dalam berbagai kegiatan olah raga seperti volly, tenis meja, basket dan sepak bola.

Anak-anak  muda di daerah ini diajak untuk menghindari kegiatan negatif seperti mengonsumsi nakoba, miras atau perbuatan melawan hukumlainnya.

 Karena itu, para pemuda diajak untuk biasakan diri  melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri mau pun lingkungan di mana pun  berada. ***
 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto