logo

Pondasi Kemendes PDTT Sudah Kuat Dan Bagus

 Pondasi Kemendes PDTT Sudah Kuat Dan Bagus

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) dan Eko Putro Sandjojo (kanan).(foto,ones)
23 Oktober 2019 22:33 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDDT) pondasinya sudah bagus. Membangun bangunan yang sulit ialah membuat pondasi.

Demikian dikemukakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, usai menerima Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Menteri sebelumnya Eko Putro Sandjojo, di Kantor Kemendes PDTT, di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Dia menyatakan, akan melanjutkan pondasi yang sudah terbangun ini.

"Karena, misi yang dijalankan adalah sesuai misi Presiden. Jadi saya tinggal meneruskan yang bagus dan meningkatkannya. Mari kita sama-sama bekerja demi kesejahteraan rakyat Indonesia," tuturnya.

Pada Sertijab tersebut dilakukan pendandatanganan fakta integritas, perjanjian kinerja, serta berita acara sertijab oleh Abdul Halim Iskandar. Selain itu, dia juga menerima sejumlah laporan dan dokumen kementerian dari Eko Putro Sandjojo. Seperti buku laporan tahun 2015-2019, draf awal rencana strategis tahun 2020-2024, laporan keuangan tahun 2018, sejumlah data, serta dokumen lainnya.

Abdul Halim Iskandar mengatakan, sebagai menteri baru dia akan menjalankan tugas untuk melaksanakan visi misi presiden. Menurutnya, Kemendes PDTT telah memiliki pondasi kuat untuk menjalankan program-program berikutnya.

"Visi presiden yang sekarang adalah melanjutkan visi presiden yang kemarin. Sehingga tidak ada tata ulang atau recovery, semua tinggal menjalankan sesuai visi misi presiden. Kita tinggal membenahi apa yang perlu dibenahi dan meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan," tuturnya.

Terkait program unggulan menurutnya, akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan oleh menteri sebelumnya. Program baru, dikatakannya, akan dibicarakan lebih lanjut dengan menteri sebelumnya.

"Dan yang terpenting adalah meningkatkan dan menguatkan yang sudah bagus, dan mengupayakan untuk memperbaiki hal-hal yang kurang bagus," ujarnya.

Di sisi lain, Eko Putro Sandjojo mengaku telah mengenal Abdul Halim Iskandar selama lebih dari 20 tahun. Menurutnya, Abdul Halim Iskandar adalah sosok yang low profile, humble, santun, pekerja keras, dan tegas.

Dia juga menyebut Abdul Halim Iskandar sebagai sosok berintegeritas dan sangat berpengalaman. "Beliau (Abdul Halim Iskandar) menikmati masa kecil di desa. Sehingga, beliau bisa merasakan benar keadaan desa dan apa saja yang diperlukan oleh desa. Saya yakin di bawah kepemimpinan beliau, pembangunan desa yang sudah dijalankan bersama-sama ini bisa berlanjut lebih baik," ungkapnya.

Editor : Azhari Nasution