logo

Pasca Penangkapan Teroris Tambun, Desa Setia Mekar Sosialisasi Pencegahan

Pasca Penangkapan Teroris Tambun, Desa Setia Mekar Sosialisasi Pencegahan

Kades Setia Mekar, Suryadi. (Foto: Dharma/suarakarya.id).
21 Oktober 2019 21:26 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - CIKARANG: Kepala Desa Setia Mekar, Suryadi harus ekstra mengamankan wilayahnya dari ancaman paham radikalisme pasca penangkapan terduga teroris oleh tim datasemen khusus (Densus) belum lama ini. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi pencegahan dilingkungan warga.

Pertama, warga harus sensitif terhadap warga pendatang khususnya musiman. Kedua, para ketua RT dan RW agar mendata ulang sejumlah warga pendatang dengan menunjukan KTP ataupun pemilik kontrakan.

"Dengan adanya kejadian teroris dilingkungan Setia Mekar, pemerintahan desa bersama-sama aparat penegak hukum dalam hal ini Kapolsek, Babinsa dan Bimaspol bekerjasama mencegah jangan sampai terulang kembali di wilayahnya," kata Suryadi kepada Suarakarya.id, Senin (21/10/2019).

Saat ini, pihak desa bersama Kapolsek Tambun Selatan, Kompol Siswo telah melakukan upaya-upaya pendekatan dan sosialisasi dilingkungan. Salah satunya operasi yustisi atau kependudukan. Sasaran utama adalah untuk mendata penduduk yang bermukim di rumah kontrakan.

"Sosialisasi sebagai bentuk pencegahan paham radikal dan menjadi ancaman faktual di wilayah," ujar Suryadi.

Desa Setia Mekar tergolong padat penduduk dimana terdapat sebanyak delapan perumahan. Status warganya bervariatif mulai dari pegawai negeri sipil (PNS), buruh hingga pedagang. ***

Editor : Yon Parjiyono