logo

Wapres Ma'ruf Amin Bertolak Ke Jepang Hadiri Penobatan Kaisar

Wapres Ma'ruf Amin Bertolak Ke Jepang Hadiri Penobatan Kaisar

Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar (kiri) dan Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Rusmin Nuryadin (kanan) memberikan pernyataan pers usai menerima kunjungan sejumlah tamu negara di Istana Wapres Jakarta, Minggu malam (20/10/2019). (Antara)
21 Oktober 2019 10:46 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Wakil Presiden Ma’ruf Amin berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk mewakili Presiden Joko Widodo dalam menghadiri acara penobatan Kaisar Jepang Naruhito, Senin (21/10/2019).

Wapres bersama rombongan bertolak dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, pukul 10.00 WIB menggunakan pesawat kepresidenan BBJ Indonesia 1.

Wapres Ma’ruf dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Narita Jepang pukul 19.30 waktu setempat dan langsung menuju ke Hotel Imperial Tokyo.

Agenda pelantikan Kaisar Jepang berlangsung pada Selasa (22/10) pukul 13.00 waktu setempat. Usai pelantikan, Wapres Ma’ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada pukul 17.00 waktu setempat.

Kunjungan kerja ke Jepang merupakan agenda dinas luar negeri pertama Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden periode 2019-2024. Dalam kunjungan itu, Wapres Ma’ruf turut didampingi Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar, istrinya, Wury Ma’ruf Amin, dan Gayatri Dewi Oemar.

Antara melaporkan, Kaisar Naruhito melanjutkan takhta ayahnya, Kaisar Akihito, yang memutuskan untuk melepas jabatannya karena faktor usia dan kesehatan.

Dalam konstitusi Jepang, kaisar tidak memiliki kekuatan politik dalam pemerintahan Negeri Sakura tersebut. Tugas resmi kaisar sebagian besar dikendalikan oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

          Pertemuan Bilateral

Sebelumnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan tiga wakil presiden dari China, Vietnam dan Myanmar di Istana Wakil Presiden Jakarta, Minggu malam, guna membahas upaya peningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

"Mereka ingin berkenalan sekaligus mereka menyampaikan salam dari pemerintahnya. Dan yang penting meningkatkan kerja sama persahabatan di bidang pendidikan, sumber daya manusia dan investasi," kata Ma’ruf Amin usai menerima kunjungan kehormatan di Istana Wapres Jakarta.

Wapres Ma’ruf mengatakan pertemuan antarwapres tersebut menjadi penting karena bermanfaat untuk mempererat hubungan bilateral Indonesia dengan China, Vietnam dan Myanmar.

Dengan Wapres China Wang Qishan, Ma’ruf mengatakan pertemuan tersebut membahas mengenai upaya penguatan kerja sama di bidang pendidikan formal dan vokasi.

"Memang Pak Jokowi menyampaikan dalam pidato pelantikan tadi akan memperbesar investasi, memprioritaskan sumber daya manusia dan meneruskan pembangunan infrastruktur," ujarnya menjelaskan.

Tamu negara pertama yang diterima Ma’ruf Amin adalah Wapres China Wang Qishan pada pukul 19.30 WIB. Selanjutnya, Ma’ruf Amin menerima kunjungan kehormatan Wapres Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh dan terakhir Wapres Myanmar Henry Van Thio. ***