logo

Dispar Banten Gelar Forum Bisnis Usaha Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Dispar Banten Gelar Forum Bisnis Usaha Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

20 Oktober 2019 11:09 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - SERANG: Pariwisata Banten terus menggeliat. Berbagai upaya dilakukan untuk memperkuat pengembangan industri pariwisata. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Forum Bisnis Usaha Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional. Rencananya, kegiatan akan digelar di Hotel Horison Ultima Ratu, Serang, Banten, 21-23 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, kegiatan ini adalah program tahunan, yang sudah memasuki tahun ketiga. Dulu, pertama kali digelar di Tanjung Lesung, kemudian yang kedua dihelat di Green Garden Anyer.

“Untuk tahun ini, rencananya akan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Mudah-mudahan acara berlangsung sukses, mengingat pentingnya kegiatan tersebut,” ujarnya, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Eneng, Forum Bisnis Usaha Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertujuan untuk mengembangkan bisnis pada sektor parwisata, khususnya di Banten. Selain itu, juga untuk menghidupkan peluang bisnis usaha pariwisata dengan membangun jejaring dengan steakholder pariwisata Banten dan luar Banten. 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengaku mendukung kegiatan tersebut. Ia berharap akan ada sinergi dan kerjasama antar lembaga dan pelaku usaha pariwisata, untuk mempromosikan industri pariwisata di Banten. Sebab, hal itu dapat berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan ke Banten.

"Sinergi yang baik dari beberapa pihak akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Terlebih, kegiatan tersebut akan diikuti oleh Dinas Pariwisata Jawa Barat dan ASITA Jawa Barat. Termasuk Dinas Pariwisata Lampung, ASITA Lampung, ASITA Sumatera Selatan, dan ASITA Bali,” ungkapnya.

Di lain pihak, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi setiap daerah yang serius mengembangkan sektor pariwisata, sehingga berkembang dan semakin maju. Untuk mencapai hal itu, memang dibutuhkan kerja sama semua pihak. Diantaranya pemerintah daerah dan para pelaku industri pariwisata.

“Selain mudah dijangkau, Banten juga memiliki berbagai destinasi unggulan. Salah satunya kampung adat masyarakat Baduy yang cukup dikenal oleh para wisatawan, termasuk turis asing. Potensi-potensi tersebut tentunya harus terus dimaksimalkan dan dipromosikan agar semakin terangkat,” jelasnya. 

Editor : B Sadono Priyo