logo

Wapres Cina Mengunjungi Kampung Halaman Jokowi

Wapres Cina  Mengunjungi Kampung Halaman Jokowi

Wakil Presiden Cina, Wang Qishan menyanyikan lagu Bengawan Solo versi Bahasa Mandarin saat jamuan makan malam di rumah dinas Wali Kota Solo
18 Oktober 2019 22:27 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Wakil Presiden (Wapres) Cina, Wang Qishan, mengunjungi Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10/2019). Kedatangan Wang Qishan ke kampung halamannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut dilakukan sebelum menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 pada Minggu (20/10/2019) mendatang.

Di Kota Solo, Wang disambut Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, dalam jamuan makan malam. Sebelumnya, Wang juga sempat mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran, Sragen dan ke Bendungan Karet Tirtonadi Solo.

Di Loji Gandrung, rombongan Wapres Cina tersebut disambut dengan Tari Gambyong, Tari Bambangan Cakil serta kesenian tradisional lainnya. Di akhir acara, Wapres Tiongkok sempat menyanyikan lagu Bengawan Solo versi Bahasa Mandarin.

"Peluang kerjasama antara Jawa Tengah dengan Cina masih terbuka. Jawa Tengah juga membuka peluang investasi dari Tiongkok," kata Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin dalam sambutannya.

Taj Yasin juga berharap Wapres Wang bisa menyampaikan iklim kondusif Jawa Tengah kepada investor Cina. Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan dalam pertemuan tersebut, Wapres Cina mengatakan kekagumannya dengan Kota Solo.

"Beliau mengatakan Solo kota yang bersih dan indah," ujarnya. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH