logo

Tim Taekwondo UNJ Sukses Di Korean Games 2019

Tim Taekwondo UNJ Sukses Di Korean Games 2019

Tim taekwondo UNJ dengan pimpinan Fahmy Fachrezzy membawa pulang piala kebanggaan sebagai juara umum 2. (Foto: Istimewa).
10 Oktober 2019 22:07 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Tim taekwondo Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang ambil bagian diajang multi event Korean Games 2019 berhasil meraih prestasi sebagai juara umum 2, dengan perolehan 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Pada cabang taekwondo yang dipertandingkan 6 – 9 Oktober ini, Guam keluar sebagai juara umum 1 dan peringkat ketiga diraih tim Amerika Serikat.

Pelatih merangkap manajer tim UNJ Fahmy Fachrezzy mengatakan, panitia mengundang banyak negara untuk mengikuti ajang ini. Di antaranya Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, China, Macau, Guam, Australia, Spanyol, Hongkong, Filipina, Brazil, dan Argentina. Semua tim mewakili kampus atas nama atlet mahasiswa.

“UNJ berhak mewakili Indonesia lantaran UNJ merupakan juara nasional taekwondo antar mahasiswa.

Tim Indonesia (UNJ) terdiri dari Permata Cinta Nadia yang meraih medali emas di kelas 57kg putri. Permata adalah atlet Pelatda PON DKI. Kemudian Khaerullah meraih medali perak di kelas 58kg putra. Khaerullah sendiri merupakan atlet Pelatda PON Jawa Barat.

Tiga medali perunggu disumbangkan Nanda Fernandia di kelas 67kg putri (Pelatda PON DKI), Mertha Elistia Kurniawan di kelas 53kg putri (Pelatda PON Jabar),  dan Fariz Pahlevi sebagai kapten tim yang turun di kelas 80kg putra.

“Kebetulan kegiatan ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-35 taekwondo UNJ yang jatuh pada 9 Oktober 2019. Jadi ini adalah sebuah perjalanan panjang dan perjuangan terus menerus tanpa henti yang dilakukan oleh atlet taekwondo UNJ,” kata Fahmy Fachrezzy.

Fahmy sebagai pembina sekaligus pelatih utama taekwondo UNJ mengatakan, dulu taekwondo didirikan untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. Namun sekarang fashionnya bergeser mengejar prestasi di tingkat kampus. ***