logo

Tentrem Semarang: Proyek Prestisius Siap Konkretkan Semarang Smart City

Tentrem Semarang: Proyek Prestisius Siap Konkretkan Semarang Smart City

Dirut PT Hotel Candi Baru, Irwan Hidayat bersama 4 saudara sebagai owner Tentrem Semarang (hotel, mall, apartemen) yakni Sofjan Hidayat, Sandra Hidayat, Johan Hidayat dan David Hidayat bersama Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, perwakilan Gubernur Jateng, Kepala DPMPTSP Kota Semarang Ulfi Imran Basuki mewakili Wali Kota, Kapolrestabes Kombes Pol Abiyoso Seno Aji, tokoh pers Jateng dan pengusaha senior Budi Santosa, Ketu Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono menjadi saksi Topping off Tentrem Semarang
09 Oktober 2019 23:59 WIB
Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - SEMARANG: Proyek prestisius berupa integrasi antara hotel, apartemen dan mall pertama telah hadir di Kota Semarang. Kehadiran hotel, apartemen dan mall dalam jaringan bisnis PT Hotel Candi Baru (MCB) dengan merek paten "Tentrem" diklaim sebagai yang terbesar, terlengkap, termewah, dan tertinggi di seantero Semarang dan Jawa Tengah ini disebut akan memberi kontribusi besar bagi pengembangan dan kemajuan Kota Semarang dari beberapa aspek.

Semarang sebagai Kota Hebat seiring menuju Smart City akan bisa ditopang dengan hadirnya Tentrem yang menjadi magnet bagi pengembangan dan kemajuan Kota Semarang.

Direktur Utama PT Hotel Candi Baru (HCB), Irwan Hidayat mengatakan Tentrem Grup Semarang ditargetkan mampu memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp 30 Miliar per tahun. Kontribusi PAD diperoleh dari pajak yang bakal dihasilkan dari operasional hotel, apartemen, mall, baik berupa pajak restoran, PPN, PPh, PBB dan BPHTB dari transaksi penjualan unit apartemen.

Optimisme Irwan Hidayat bersama keempat saudaranya sebagai owner Tentrem Grup, yakni Sofjan Hidayat, Sandra Hidayat, Johan Hidayat dan David Hidayat terlihat saat Topping Off Tentrem Semarang di lokasi proyek yang dihadiri pejabat tinggi di region Jateng dan Kota Semarang, Rabu (9/10/19).

Diantaranya Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Gubernur Jateng yang diwakili staf, Wali Kota Semarang yang diwakili Kepala DPMPTSP Kota Semarang Ulfi Imran Basuki, Tokoh pers dan pengusaha Jateng Budi Santosa, Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono, Komisaris SidoMuncul Sigit Hartojo Hadi Santosa, Direktur Operasional HCB Irene Hidayat, Corporate General Manager Hotel Tentrem Mey Nurnaningsih, Christoporus Yulianto selaku Hotel Manager Hotel Tentrem Semarang, pelaksana proyek dari NRC (Nusa Raya Cipta) selaku Kontraktor Utama, NDC ( Natural Desain Ciptalaras), Manajemen Konstruksi PT Airmas Asri yang menangani arsitek, landscape dan interior design serta dari perusahaan konsultan properti internasional Jones Lang LaSalle (JLL) yang akan me-manage Tentrem Mall dan Tentrem Suites, beberapa investor, dan insan pers.

Proyek pembangunan gedung Tentrem Semarang setinggi 76 meter senilai Rp1,2 Triliun di kawasan Jalan Gadjah Mada Semarang hampir rampung dan ditargetkan sudah dapat dioperasikan serta diserahterimakan kuncinya kepada pembeli pada 23 April 2020.

Target ini juga untuk mengantisipasi membaiknya pertumbuhan industri properti ke depan yang semakin prospektif. Terlebih optimisme perekonomian nasional makin membaik ditandai pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin hasil Pemilu Serentak yang demokratis.

Proyek Tentrem yang bervisi ini karena jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan penghuninya tersebut sengaja dibangun sebagai bagian supporting menghadapi Semarang masa depan sebagai Smart City yang dipastikan bakal terus tumbuh menjadi kota metropolitan yang maju.

Bangunan gedung Tentrem yang berlokasi di kawasan segitiga emas di Kota Semarang itu, bakal ikut memacu pertumbuhan perdagangan di Ibu Kota Jateng ini lebih cepat, yang kini terus mulai berkembang pesat.

“Kota Semarang enam tahun lalu sudah jauh berbeda dengan saat ini, bahkan lima tahun ke depan kami yakin Ibu Kota Jateng ini bakal menjadi tempat investasi yang terbaik dan destinasi yang menyenangkan tamu dan warganya. Saya yakin Semarang menjadi daerah memiliki masa depan yang cerah dengan bisnis bergairah, ekonomi terus tumbuh, infrastruktur semakin bagus, dan jadi kawasan jasa dan perdagangan yang dominan, termasuk di sektor kepariwisataan yang akan menjadi primadona pendapatan daerah,” ujar Irwan yang juga salah satu owner SidoMuncul, raksasa jamu nasional ini.

Irwan Hidayat menjelaskan Tentrem Semarang merupakan bangunan mix-use, yang terdiri atas Hotel Tentrem adalah Hotel Bintang 5, Tentrem Suites yaitu 88 unit apartemen premium dan juga Tentrem Mall yang merupakan Life-style Mall pertama di Semarang. Bangunan setingggi 18 lantai yang dilengkapi 4 lantai basement ini, menempati lahan hampir 9000 M2 dengan luas banguan mencapai sekitar 91.000 M2. Terletak di lokasi yang sangat strategis, tepat di jantung kota Semarang, hanya berjarak sekitar 300 m dari prime area, Simpang Lima.

"Proyek ini sekaligus menunjukkan komitmen kami dalam mendukung perkembangan ekonomi di daerah,” kata Irwan.

Irwan juga memberikan apresiasi tinggi terhadap dukungan pemerintah daerah dan aparat keamanan baik Polri/TNI yang friendly bagi swasta untuk ikut berkontribusi membangun daerah dari sektor ini. Mereka sangat memberikan rasa aman dan kenyamanan untuk investasi melalui proyek Tentrem ini.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Pemkot Semarang sehingga proyek ini terlaksana dengan baik dan lancar, mulai dari perijinan hingga pembangunannya. Terima kasih juga kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang telah memberikan rasa aman selama proyek berjalan. Terima kasih atas toleransinya dan maaf juga kepada tetangga di sekitar proyek, karena selama 4 tahun lamanya kami membangun tentu pernah terganggu. Dan para pembeli apartemen yang telah memercayakan kepada Tentrem Semarang sehingga unit sudah cukup banyak terjual. Kami sampaikan apresiasi tinggi. Komitmen kami menjaga mutu bangunan Tentrem memuaskan penghuni karena nama baik dan kepercayaan publik adalah mahkota berharga yang harus kita jaga,” urainya.

Dijelaskannya, proyek Tentrem Semarang dibangun dengan investasi Rp 1,8 Triliun dari tanah dan bangunannya. Dana tersebut diperoleh dari modal perseroan sendiri atau tanpa kredit dari pihak ketiga dengan mengutamakan kualitas bangunan terbaik di kelasnya.

“Target break event point (BEP) dari proyek Tentrem Semarang setelah beroperasi nanti sekitar 7 hingga 10 tahun,” jelas Irwan.

Dengan kontraktor handal bertaraf nasional dan material unggulan, imbuhnya, kualitas bangunan sangat terjamin kekuatan dan keamanannya. Begitu pula mekanikal elektriknya, sehingga proyek Tentrem Semarang ini didesain untuk bisa eksis hingga lebih dari 30 tahun ke depan.

“Proyek ini harapannya menjadi tempat hunian nyaman dengan standarisasi seperti di Singapura. Jadi, bisnis kami benar-benar berkualitas dan aman, serta harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Dengan demikian, akan semakin dipercaya oleh konsumen,” tegasnya.

Hotel Kedua Setelah Jogja

Irwan menjelaskan Hotel Tentrem Semarang adalah hotel kedua di bawah brand Tentrem, melanjutkan kesuksesan hotel sebelumnya yang makin eksis yaitu Hotel Tentrem Jogjakarta. Brand hotel ini sudah sangat dikenal sebagai Hotel Bintang 5, yang menjadi favorit banyak orang-orang penting baik dari kalangan pengusaha, lembaga pemerintah dan juga kalangan pesohor lainnya.

Hotel Tentrem Semarang terdiri dari 211 kamar dengan jenis kamar bervariasi mulai dari deluxe hingga presidential suite. Hotel ini dilengkapi dengan ballroom berkapasitas hingga 1000 orang, serta tujuh meeting room yang lebih kecil. Terdapat juga fasilitas kelas bintang 5 seperti kolam renang yang besar dengan mofit yang indah, restaurants, bar & lounge serta Gym. Selain itu SidoMuncul Gallery juga menyediakan barang kerajinan, produk jamu SidoMuncul, serta batik-batik tulis dari sutra maupun katun dengan kualitas tinggi.

Lebih lanjut sulung pendiri Sido Muncul, mendiang Jahja dan Desy Hidayat ini menjelaskan Tentrem Suites sebagai unit apartemen yang ada di Tentrem Semarang, terdiri atas 88 suites yang di design sangat berkelas. Tersedia unit dengan dua kamar tidur, tiga kamar tidur bahkan juga Penthouse.

"Untuk Tentrem Mall akan diisi restaurant, café, supermarket premium, butik dan juga cinema. Mall ini akan terbentang sebagai bangunan 4 lantai di sky-bridge yang menghubungkan bangunan Hotel Tentrem dan bangunan Tentrem Suites, dilengkapi dengan area parkir yang memadai," jelas Irwan.

Keistimewaan lain Tentrem Mall yang sangat khas adalah menampilkan Ceiling Videotron di area mall, sehingga pengunjung dapat menikmati sajian videotron tersebut selama ada di dalam mall. Level 6 didedikasikan untuk pusat rekreasi dan kesenangan pengunjung akan bisa ditemukan berbagai fasilitas terkini yang dapat dinikmati seluruh keluarga. Mulai dari taman berornamen yang indah, kolam renang dengan mozaik lantai dasar yang khusus, spa, gym, jacuzzi, ruang serba guna, santapan sepanjang hari, bar tepi kolam renang, dan area BBQ.

"Kami juga menyediakan taman bermain indoor dan outdoor dan kolam anak-anak," jelas Irwan.

Tentrem Semarang yang terdiri dari hotel, apartemen dan mall sudah dibangun sejak April 2016 dan akan beroperasi mulai April 2020***