logo

TNI Ajak Kolaborasi UNS Dalam Program KKN Di Daerah Terpencil

TNI Ajak Kolaborasi UNS Dalam Program KKN Di Daerah Terpencil

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak universitas berkolaborasi
20 September 2019 17:10 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak kolaborasi antara TNI dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah. Tidak hanya dalam pendidikan tapi juga program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"TNI memiliki sarana dan prasarana infrastruktur di pelosok. Jika ingin kerjasama dengan kita maka akan kita bantu," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada wartawan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2019).

Panglima TNI menegaskan adanya kolaborasi antara TNI dengam universitas tersebut bukan masuk ranah dwifungsi TNI. Tetapi dalam rangka membantu memajukan daerah terpencil.

"TNI khususnya TNI AL juga sering membantu transportasi mahasiswa yang melaksanakan KKN di pulau-pulau terpencil," jelasnya.

Hal itu juga sejalan dengan apa yang telah dilakukan TNI selama ini. Yakni turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas anak-anak di wilayah terpencil. Melalui pendidikan dasar berupa pendidikan karakter dan nasionalisme.

"Ada role model di setiap daerah. Karena di daerah perbatasan butuh role model yang gagah. Agar anak-anak berkeinginan menjadi seorang yang gagah dan sehat serta smart," katanya.

Hal ini menjadi modal menuju Indoneaia emas tahun 2045. Kesiapan sumber daya manusia dibutuhkan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho mengatakan saat ini UNS telah menerjunkan mahasiswa KKN di 317 desa di seluruh Indonesia. Program KKN ini berbeda dengan program serupa tempo dulu.

"Kunci sukses utama KKN adalah keterpaduan perencanaan karena keterbatasan waktu yang hanya 45 hari. Maka roadmap pengembangan desa lokasi KKN harus disinergikan bersama-sama," kata Jamal.

Untuk itu, UNS sangat membuka diri, dan mengajak turut serta TNI bergabung dalam misi KKN UNS di desa-desa terluar pada setiap periode Januari-Februari dan Juli-Agustus setiap tahun.***

Editor : B Sadono Priyo