logo

Atasi Karhutla, TNI AU Berangkatkan Satu C-130 Hercules Dari Lanud Halim Perdanakusuma

Atasi Karhutla, TNI AU Berangkatkan Satu C-130 Hercules Dari Lanud Halim Perdanakusuma

Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Si (Han) saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media di Lanud Halim Perdanakusuma. (Pen Lanud Halim P/suarakarya.id/dwi putro aa)
16 September 2019 14:15 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Satu pesawat jenis C-130 Hercules A-1328 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, kembali diberangkatkan TNI AU ke Lanud Roesmin Nurjadin, Pekan Baru, Riau, Senin pagi (16/9/2019), untuk melaksanakan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) dalam mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan di beberapa wilayah Pulau Sumatera.

Pesawat take off dari Lanud Halim Perdanakusuma pukul 08.52 WIB dengan membawa 2 dua unit consule (peralatan penyemaian hujan buatan) dan 8 ton bibit semai berupa garam Karbosil. 

“Pesawat ini (C-130 Hercules A-1328) akan membawa consule untuk penyemaian hujan buatan”, kata Kadispenau Marsma TNI  Fajar Adriyanto, M.Si (Han) di depan awak media di Lanud Halim Perdanakusuma.

“Ini adalah kerja sama antara TNI AU dengan BPPT, kami dari TNI AU menyiapkan pesawat dan consule, sedangkan bahan-bahan semaian berupa garam dan Karbosil untuk mencegah penggumpalan disiapkan BPPT”, terangnya.

Lebih lanjut, Kadispenau menjelaskan, ”Ini akan disebar dalam perjalan dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Pekanbaru, Riau”.

“Titik-tik penyebarannya adalah di Palembang, Jambi sampai mendekati Pekanbaru pada ketinggian 9.000 sampai 10.000 feet,” ujarnya.

“Kalau melihat satelit cuaca tadi pagi, sudah ada pembentukan awan-awan yang alami, kita berharap dengan adanya penyebaran penyemain dari alat-alat ini, akan menimbulkan hujan dalam waktu satu sampai enam jam kedepan, sehingga ini akan membantu mengatasi kebakaran hutan,” jelasnya.

“Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah, TNI AU mengerahkan dua unit Pesawat Casa C-212 Aviocar dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, satu unit CN-295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, dan pagi ini (Senin, 16-09-2019), kembali diberangkatkan satu unit pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma.  Selain itu, TNI AU juga menyiapkan posko di Pekanbaru, Palembang, dan Palangkaraya”, katanya. (Pen Lanud Halim P) ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto