logo

ETOS:Munas Golkar Seolah-olah Diperlambat

ETOS:Munas Golkar Seolah-olah Diperlambat

Direktur Eksekutif Lembaga Survey ETOS Institute Iskandarsyah.
16 September 2019 13:45 WIB
Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar hingga saat ini belum menemui titik terang. Banyak sekali yang menyoroti peristiwa ini, mulai dari internal maupun eksternal partai Golkar.

Apalagi, beberapa kalangan internal partai Golkar terus mendesak agar terlaksananya Munas di akhir September ini.

Menyikapi peristiwa tersebut, Direktur Eksekutif ETOS Indonesia Institute Iskandarsyah menjelaskan,  ini persoalan internal yang sangat mudah untuk dilaksanakan tapi seolah-olah dibuat sangat sulit.

"Menurut saya, jelas ini maunya petahana. Munas bisa dilaksanakan kapanpun dalam waktu dekat ini, tidak harus dilakukan Desember. Di AD/ART partai itu sendiri tidak ada keharusan Munas dilaksanakan di bulan Desember, ini cuma akal-akalan saja menurut saya," kata Iskandar, Senin (16/9/2019).

Kata Iskandar, peristiwa ini harus menjadi pembelajaran bagi seluruh kader muda partai Golkar, supaya harus lebih jeli menanggapi ini konflik-konflik internal ini. Apalagi yang menyangkut sistem mekanisme partai.

"Mereka yang tua-tua akan lengser, nah yang muda harus lebih visioner dan jauh dari budaya pragmatis, dan juga harus paham dengan sistem mekanisme partai," tuturnya.

Iskandar menambahkan bahwa dalam organisasi apabila kader tetap memaksakan mendukung kepemimpinam yang gagal itu sama seperti bunuh diri pelan-pelan.

"Partai ini masih punya cerita panjang ke depan, bukan cuma 5 tahun ke depan tapi lebih dari itu,"kata Iskandar 


 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto