logo

Etnomusika 73 IKJ Juara Festival Akustik Betawi 2019, Diikuti Flamboyan Berjaya UNJ

Etnomusika 73 IKJ  Juara Festival Akustik Betawi 2019,  Diikuti Flamboyan Berjaya UNJ

16 September 2019 05:53 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA:  Kelompok pemusik Etnomusika 73 dari IKJ Jakarta Pusat berhasil meraih Juara I Festival Akustik Betawi 2019 yang berlangsung 2 hari di Anjungan DKI di Taman  Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Untuk peringkat II diraih  grup musik  Flamboyan Berjaya dari UNJ Jakarta Timur. Keduanya mendapatkan piala dan penghargaan serta uang pembinaan masing masing Rp 10 juta dan Rp 9 juta dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.  

Hadiah  tersebut diberikan oleh Kepala Unit Pengelola Graha Wisata dan Anjungan DKI H Fadlan Zuhran sebagai penyelenggara  di anjungan tersebut  Minggu (15/9/2019). 

Selanjutnya peringkat III diraih kelompok Akustika 73 (Jakpus) dan Harapan I jatuh pada Arvi Band (Jaksel).   

Dewan juri terdiri dari Andi Suhandi (Praktisi Musik) Ahmad Sopandi (Lembaga Kebudayaan Betawi) dan  Anusirwan (Akademisi) sempat membeberkan kritik dan semangat kepada para peserta. 

Di samping itu juga dilakukan penentuan berpredikat terpilih  lainnya. Untuk vokalis terpilih  Dea Januarti, pemain musik terpilih  Edo Violin, kostum terpilih Sodok Band. Untuk grup favorit band dari SMK 58 Jaktim. 

Fadlan Zuhran usai memberikan penghargaan tersebut menjelaskan Festival Akustik Betawi ini baru pertama diselenggarakan oleh pihaknya. Maksud dan tujuannya kata Fadlan  untuk memperkenalkan kembali, melestarikan dan mengembangkan penggunaan alat musik Betawi seperti tehyan, gambang , kromong dan sebagainya. 

"Agar generasi muda lebih akrab dan mau mengembangkannya lagi," tandasnya.

Artis komedian Bang Malih Si Kubil menyatakan dukungannya pada penyelenggaraan festival ini. "Menjadi artis termasuk grup musik  jangan hanya dilihat setelah sukses. Lihatlah prosesnya," tandas Kubil yang nama aslinya H Ramdani Hasbullah itu. 

Kubil juga memiliki grup musik yang menghibur acara tersebut dan sempat bernyanyi bersama Arifin Kuncir.

Ketua panitia Isti Hendrati menjelaskan Festival Akustik Betawi 2019 ini berlangsung 2 hari sejak Sabtu (14/9/2019). "Jumlah yang mendaftar 30 grup musik se DKI Jakarta dan  Bodetabek. Tapi setelah seleksi hanya 23 grup saja yang jadi peserta," kata Isti. ***