logo

Pertama di Indonesia, Pesantren Miniatur Madinah Bogor Buka Sekolah Hati

Pertama di Indonesia, Pesantren Miniatur Madinah Bogor Buka Sekolah Hati

Para peserta Sekolah Hati di Pesantren Miniatur Madinah Al-Amien Bojonggede, Bogor.
15 September 2019 22:20 WIB
Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id - BOGOR: Untuk pertama kalinya di Indonesia, sebuah pesantren mendirikan sekolah hati. Inilah Pesantren Miniatur Madinah Al-Amien yang berlokasi di Bojnggede Bogor. Sekolah Hati  bukanlah sekolah formal, melainkan seemacam seminar yang tujuannya adalah membuat hati tentram dan bebas penyakit hati.
Menurut Pimpinan Pesantren Ustad Amin Auradilaga, pesantren ini memfokuskan pada pensucian hati dari hasad, dengki, rakus, ujub dan perilaku buruk lainnya yang mengotori hati sehingga berakibat pada terjangkitnya penyakit di luar hati seperti stres, diabetes, stroke dan penyakit fisik lainnya. 

Ustad Amin mengutip ahli medis bahwa sumber penyakit bukan semata karena fisik tetapi juga psikis, dan psikis itu antara lain sumbernya adalah hati yang kemudian bisa membuat jiwa kosong dan berantakan.
“Kata ahli medis, sekitar 75 persen sumber penyakit itu asalnya dari hati,” katanya. Jadi jangan heran ketika ada dokter mengobati penyakit tekanan darah tinggi cukup meminta agar pasien berlatih tersenyum yang ihlas,” katanya.

Sekolah Hati ini secara resmi dibuka bersamaan dengan Gebyar Muharam 1441 H pada Ahad 15 September 2019 di Pesantren Miniatur Madinah Bojonggede Bogor. Peristiwa ini bersamaan dengan pemberian satunan paket sekolah kepada anak yatim piatu serta paket sembako kepada para janda dan duafa.

Pimpinan Pesantren Minatur Madinah Ustadz Amin Suradillaga menjelaskan, selama ini sekolah hati digelar di sejumlah tempat. Pesertanya luar biasa banyak. Di Purwokerto misalnya sekolah hati digelar beberapa kali dan mendapat sambutan luar biasa. Di Bogor belum lama ini pesertanya mencapai 370 orang.

Menurut Uatadz Amin, kunci penyembuhan penyakit hati adalah sabar, banyak tersenyum dan ikhlas. Pada awalnya penyembuhannya sulit, namun jika tahu kuncinya, maka penyakit hati akan sembuh dan para istri disayang suami, para suami saling menyayangi istri. Mereka bisa tersenyum bahagia. Sekolah hati akan dibuka setiap bulan buat para ibu dan bapak yang memiliki persoalan keluarga.

Bagi Pesantren Minatur Madinah Sekolah Hati merupakan salah satu cara yang sedang dikembangkan pesantren ini, yakni pada poin “merahmati sesama”.  Ini merupakan konsep saling mengasihi dan menjadikan setiap insan muslim kehadirannya bermanfaat buat orang lain.