• Sabtu, 1 Oktober 2022

Stok Terbattas, Vaksinasi Booster Di Solo Dimulai Jumat Mendatang

- Rabu, 12 Januari 2022 | 16:38 WIB
Vaksinasi booster di Kota Solo baru akan dimulai Jumat mendatang dengan sasaran prioritas kelompok lansia
Vaksinasi booster di Kota Solo baru akan dimulai Jumat mendatang dengan sasaran prioritas kelompok lansia

SOLO: Vaksinasi booster di Kota Solo akan dimulai Jumat (14/1/2022) mendatang. Saat ini Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo masih memiliki stok vaksin AstraZeneca tetapi sangat terbatas yakni hanya 200 dosis.

Stok tersebut yang nantinya akan digunakan dulu untuk melakukan vaksinasi Covid-19 booster kepada lanjut usia (lansia) yang menjadi prioritas utama dari vaksin booster ini. Sesuai dengan arahan Presiden, lansia usia 60 tahun ke atas menjadi prioritas vaksinasi booster.

Meskipun pemerintah pusat telah menginstruksikan untuk pemberian vaksin booster mulai tanggal 12 Januari ini tetapi, Pemkot Solo memilih untuk melakukan pada tanggal 14 Januari mendatang.

"Karena butuh waktu untuk persiapan, tadi Bu Ning (Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo), melaporkan stok vaksin juga terbatas. Tapi kita mulai hari Jumat ya tenang saja, kita kan selalu paling cepet kok," jelas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Rabu (12/1/2022).

Gibran juga mengatakan vaksin booster saat ini sudah disiapkan DKK Solo. Pihaknya juga akan meminta tambahan stok vaksin jenis Pfizer dan AstraZeneca untuk pelaksanakan vaksinasi booster tersebut.

"Nanti kita coba akan koordinasikan dengan kabupaten atau kota lain yang stok AstraZeneca dan Pfizer nya akan expired pada bulan-bulan ini. Coba saya mintakan biar bisa diakomodir di Solo," jelasnya lagi.

Untuk jenis vaksin yang akan diberikan menurut Gibran berbeda-beda. Karena pemberian vaksinasi booster dilakukan secara heterolog.

"Setelah Jumat nanti ya akan diteruskan setiap hari, seperti vaksinasi primer sebelumnya. Tetapi tergantung dengan supply vaksinnya," katanya.

Sementara itu, Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan stok vaksin yang masih tersisa akan digunakan terlebih dahulu untuk lansia.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Terkini

Ini Cara Mempersiapkan Rencana Keuangan Untuk Masa Senja

Jumat, 30 September 2022 | 18:17 WIB

Bank bjb Tandatangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Kamis, 29 September 2022 | 12:29 WIB

Sebulan Penuh Ada Pesta Diskon di Solo Great Sale Lho!

Minggu, 25 September 2022 | 19:05 WIB
X