• Kamis, 11 Agustus 2022

Antisipasi Vaksin Expired, Gudang Dinkes Jateng Disidak

- Jumat, 7 Januari 2022 | 10:05 WIB
Ganjar cek stok vaksin. (Istimewa)
Ganjar cek stok vaksin. (Istimewa)

SEMARANG: Menjaga agar peristiwa ditemukannya vaksin expired (kedaluwarsa) tidak kembali terulang. Pemprov Jawa Tengah langsung melakukan sidak ke gudang Dinas Kesehatan Provinsi.

"Saat kita sidak, ternyata stok vaksin di Jateng lengkap, komplit jenisnya, dan semua dalam kondisi bagus," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat menyambangi gudang Dinkes Jateng di Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang, Kamis (6/1/2022).

Ganjar memastikan, stok vaksin di gudang Dinkes Jateng banyak, dan terdistribusi baik. Karena itu, Kabupaten/Kota silahkan cepat-cepat mengambil.

Selain itu, ia juga terus menginformasikan kepada pemerintah kota dan kabupaten. Setiap kali ada stok vaksin yang datang, diminta agar daerah segera mengambilnya.

“Kita juga akan terus memantau kualitas, nah alhamdulillah ini sudah ada termasuk kita cek yang expired tanggal berapa dan sebagainya, untuk menghindari kejadian seperti kemarin,” ujarnya.

Ganjar mengatakan, saat ini stok vaksin Covid-19 di Jateng lengkap dan komplit. Vaksin mulai dari sinovac, pfizer, moderna hingga astrazeneca tersedia.

“Pfizer itu butuh perawatan khusus dan di Kabupaten/Kota nggak ada, makanya kenapa kita mesti hati-hati betul untuk bisa menjaga kualitas dari vaksin,” ujarnya.

Sementara vaksin astrazeneca yang mendekati masa kedaluwarsa, pihaknya kini sedang berkomunikasi dengan pihak BPOM. “Nanti dari BPOM akan ngecek apakah kemudian masih bisa dipakai atau tidak,” ucapnya.

Selain cek stok vaksin Covid-19, Ganjar juga mendapat laporan bahwa vaksin program imunisasi juga telah tersedia. Salah satunya adalah vaksin polio suntik.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Kelola sampah, IPRO Siap Gandeng Pemerintah Daerah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:42 WIB

Program Buruan SAE Dapat Pujian di Forum Urban 20

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:15 WIB

Omzet Pasar Krearif Bandung Tembus Rp6,5 Miliar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:51 WIB

Yudi Cahyadi Ajak Warga Jaga Fasilitas Publik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:24 WIB

Pesan Ganjar Pranowo Untuk Mahasiswa Baru UGM

Senin, 8 Agustus 2022 | 17:06 WIB

Resep Kasuami MakananĀ  Orang Sulawesi Tenggara

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:57 WIB
X