• Jumat, 12 Agustus 2022

Guru Besar UNS Sebut Fintech Dan Perbankan Bisa Berkolaborasi Untuk Perluas Segmen

- Rabu, 29 Desember 2021 | 20:12 WIB
Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan, Prof Irwan Trinugroho
Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan, Prof Irwan Trinugroho

SOLO: Keberadaan financial technology (fintech) bisa berdampak pada percepatan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Asalkan fintech bisa menyasar pada kredit sektor produksi dan bukan kredit konsumen seperti yang saat ini dilakukan masyarakat.

"Termasuk akses sektor UMKM. Untuk bisa memperluas segmentasi, fintech dan perbankan bisa saling saling berkolaborasi daripada berkompetisi," jelas Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Irwan Trinugroho kepada wartawan di Kampus UNS Solo, Rabu (29/12/2021).

Menurut Irwan, saat ini juga sudah banyak perbankan yang berkolaborasi dengan fintech. Perbankan memiliki modal dan fintech memiliki teknologi sehingga bisa berkolaborasi untuk segmen yang lebih luas.

Pada kesempatan itu, Irwan juga mengatakan teknologi memiliki peran yang semakin penting dalam industri jasa keuangan di seluruh dunia, khususnya selama beberapa dekade terakhir.

Berbagai studi telah menunjukkan bahwa inovasi keuangan berbasis teknologi yang ditawarkan oleh bank dan berbagai institusi jasa keuangan lain memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian melalui peningkatan inklusi keuangan.

"Inklusi keuangan yang tinggi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi ketimpangan pendapatan di masyarakat," jelasnya lagi.

Akan tetapi, disisi lain, ada potensi sisi gelap dari inovasi keuangan berbasis teknologi yang tengah berkembang saat ini. Yang pertama tumbuhnya fintech legal juga dapat menimbulkan munculnya fintech ilegal yang merupakan pinjaman predator dan merupakan bentuk online dari lintah darat.

Masalah teknologi keuangan dan implikasinya tersebut juga menjadi bagian dari pidato pengukuhan Prof Irwan Trinugroho sebagai guru besar ke-19 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan ke-245 UNS. Dalam pengukuhan yang akan dilaksanakan Kamis (30/12/2021), Prof Irwan akan membacakan pidato pengukuhan berjudul Finance, Technology, Inclusion and (In) equality.

Prof. Irwan Trinugroho, M.Sc, Ph.D yang juga guru besar termuda tersebut merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Keuangan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS.

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa SH

Terkini

Pemkot Bandung Berkomitmen 'Rebranding' SMP PGRI

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:50 WIB

Perda RTRW Dinilai Sangat Bermanfaat Bagi Pembangunan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Kelola sampah, IPRO Siap Gandeng Pemerintah Daerah

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:42 WIB

Program Buruan SAE Dapat Pujian di Forum Urban 20

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:15 WIB

Omzet Pasar Krearif Bandung Tembus Rp6,5 Miliar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:51 WIB
X