• Selasa, 25 Januari 2022

Belajar Dari Semeru, Warga Sekitar Merapi Harus Lebih Waspada

- Senin, 6 Desember 2021 | 17:23 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SEMARANG: Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur harus dijadikan pelajaran penting bagi seluruh warga yang berdomisili di lereng Gunung Merapi di perbatasan Jateng-DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Semua warga pun sejak dini diingatkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Mengingat sampai saat ini, aktivitas Merapi masih belum stabil. Erupsi kecil serta guguran lava sejak 4 Januari 2021 lalu, masih terus berlangsung sampai sekarang.

"Merapi terus kita pantau. Saya minta semua siaga. Sabtu lalu saya sudah mendapat laporan dari BPPTKG, erupsi yang terjadi sejak 4 Januari 2021 sampai kini masih terus terjadi," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, usai memberangkatkan relawan dan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru, Senin (6/12/2021).

Dari pantauan BPPTKG, pertumbuhan kubah lava Gunung Merapi masih terjadi. Guguran awan panas juga masih terjadi karena sampai saat ini, akumulasi tekanan magma dan sulai magma dari dalam masih berlangsung.

"Erupsi Gunung Merapi belum akan berakhir. Maka saya minta semuanya siaga khususnya di Jogja, Magelang, Klaten serta sebagian Boyolali," tegasnya.

Potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas, lanjutnya, terjadi di sektor Selatan dan Barat Daya. Pihaknya sudah melakukan identifikasi, daerah yang rawan adalah di sekitar Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Putih, Gendol dan Woro. Diperhitungkan guguran bisa mencapai jarak luncur 3 sampai 5 kilometer.

Oleh sebab itu, wilayah-wilayah tadi diminta bersiap. Seluruh kepala desa harus siaga. Tokoh agama, tokoh masyarakat dan relawan Forum Pengurangan Resiko Bencana semua standby.

"Kita harapkan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, peluit langsung ditiup dan informasi diberikan agar mereka semua segera mengungsi. Jangan ambil resiko. Kita belajar betul dengan kondisi dan karakter Merapi yang mirip dengan Semeru," tegasnya. ***

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

Gara-gara Main Hape, Dua Pelajar Tewas Ditabrak KA

Senin, 24 Januari 2022 | 19:58 WIB

Vaksin Booster Bagi Ribuan Pegawai dan Pensiunan UGM

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:19 WIB

Wagub Jateng Ingatkan, Omicron Jangan Sampai Meluas

Minggu, 23 Januari 2022 | 12:02 WIB
X