• Selasa, 25 Januari 2022

Erupsi Semeru, Aktivitas Di Zona Merah Direlokasi Ke Zona Putih

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:49 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

LUMAJANG: Jumlah korban meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru saat ini sudah mencapai 15 orang. Pemkab Lumajang meminta semua aktivitas mitigasi yang berada di zona merah segera direlokasi ke zona putih.

Menurut Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati Masdar, dua desa yang masuk zona merah seperti Desa Sumberwuluh dan Desa Supiturang harus terbebas dari semua aktivitas, karena masih sangat memungkinkan terdampak awan panas guguran (APG). "Jadi tidak boleh ada pengungsian di sana dan aktivitas lain, termasuk dapur umum atau apapun," ujarnya, Senin (6/12/2021).

Pihaknya juga meminta warganya yang masih bertahan di desa tersebut, untuk segera mengungsi. Pemkab juga akan segera merelokasi dapur umum dan segala begaianya ke Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro dan Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, yang masih masuk wilayah zona putih.

Pemkab Lumajang juga sudah meminta perangkat desa yang masuk zona kuning untuk bersiaga. mereka juga akan diminta untuk direlokasi untuk mencegah resiko yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Semeru tersebut.

Sementara data terkini korban erupsi Semeru sudah mencapai 15 orang meninggal dan 27 orang masih belum ditemukan.
"Dari jumlah mereka yang meninggal dunia, sebanyak 8 jiwa teridentifikasi di Kecamatan Pronojiwo, dan  7 lainnya di Kecamatan Candipuro," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari.

Jumlah warga yang mengungsi berjumlah 1.707 jiwa. Mereka tersebar di 19 titik pengungsian. Di Kecamatan Pronojiwo misalnya, terdapat 9 titik pos pengungsian. sedangkan 6 titik pengungsian lainnya berada di wilayah Kecamatan Candipuro. ***

 

Editor: Pudja Rukmana

Terkini

Gara-gara Main Hape, Dua Pelajar Tewas Ditabrak KA

Senin, 24 Januari 2022 | 19:58 WIB

Vaksin Booster Bagi Ribuan Pegawai dan Pensiunan UGM

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:19 WIB

Wagub Jateng Ingatkan, Omicron Jangan Sampai Meluas

Minggu, 23 Januari 2022 | 12:02 WIB
X