• Selasa, 25 Januari 2022

Penerapan Smart City Kota Semarang Jadi Acuan Pemkot Bontang

- Rabu, 1 Desember 2021 | 08:22 WIB
Ganjar terima kunjungan Wakil Wali Kota Bontang. (Istimewa)
Ganjar terima kunjungan Wakil Wali Kota Bontang. (Istimewa)

SEMARANG: Penerapan Smart City Kota Semarang dan di beberapa Kabupaten/Kota di Jateng, telah dijadikan acuan oleh Pemkot Bontang. Mereka pun rela terbang dari Kalimantan Timur hanya untuk belajar tentang penerapan Smart City di Jateng.

Rombongan dipimpin Wakil Wali Kota Bontang, Najirah. Turut pula dalam rombongan sejumlah Kepala Dinas terkait di kota Bontang. Di Jawa Tengah, mereka belajar tentang penerapan Smart City di Kota Semarang.

Selain ke Kota Semarang, rombongan juga mampir ke kantor Pemprov Jateng untuk menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam pertemuan itu, Najirah dan rombongan berbagi pandangan serta ide terkait penerapan Smart City dengan Ganjar.

"Jadi kami ingin belajar tentang Smart City di Jawa Tengah. Kami datang ke Kota Semarang karena kota ini sudah menerapkan Smart City," ucapnya.

Najirah mengatakan, salah satu visi misinya saat pilkada adalah menjadikan Kota Bontang sebagai Smart City. Pihaknya optimis hal itu akan terwujud dengan cara belajar langsung dari daerah yang sudah menerapkan.

"Makanya kami study banding Smart City ke Jawa Tengah khususnya Kota Semarang. Hasil dari sini akan kami terapkan di Kota Bontang," jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, menjadikan Smart City itu bukan hal sulit. Yang sulit adalah persiapan SDM guna mendukung sistem tersebut.

"Kalau sistemnya sudah jadi, itu mudah. Yang sulit adalah membiasakan SDM nya karena pasti ada perubahan besar," katanya.

Untuk itu Ganjar berpesan pada Najirah, agar menyiapkan SDM di lingkungan Pemkot Bontang. Hal yang sederhana adalah mereka diajari untuk selalu melayani masyarakat dengan mudah.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Gara-gara Main Hape, Dua Pelajar Tewas Ditabrak KA

Senin, 24 Januari 2022 | 19:58 WIB

Vaksin Booster Bagi Ribuan Pegawai dan Pensiunan UGM

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:19 WIB

Wagub Jateng Ingatkan, Omicron Jangan Sampai Meluas

Minggu, 23 Januari 2022 | 12:02 WIB
X