• Selasa, 25 Januari 2022

Karantina Pertanian Sorong, Gagalkan Penyelundupan Burung Tanpa Dokumen

- Senin, 13 September 2021 | 19:09 WIB

SORONG: Tim  gabungan terdiri dari  Karantina Pertanian,  Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), kepolisian  dan aparat lainnya,  berhasil menggagalkan pengiriman satwa liar burung tanpa dilengkapi dokumen Surat Angkutan Tumbuhan Satwa Liar Dalam Negeri (SATS-DN) di  Pelabuhan Umum Sorong, Senin (13/9/2021),

Humas Karantina Pertanian Sorong, Linda Kenzou, mengatakan penangakapan dilakukan  karena  pengiriman satwa liar (burung ) itu tak dilengkapi dokumen resmi. Sedangkan “Landak” yang ikut diselundupkan, juga  memang sama sekali dilarang karena  tidak bisa dilalulintaskan.

Satwa liar itu, terdiri dari burung dan landak. Satwa itu sedianya  akan diselundupkan dengan KM Dempo keluar Sorong. Daerah tujuannya adalah Tanjung Priok Jakarta.

Kegiatan Tim operasi gabungan tersebut digelar setiap keberangkatan kapal di pelabuhan Umum Sorong. Patroli rutin itu terus dilakukan, karena hampir setiap kapal  yang keluar dari Pelabuhan Sorong ada saja upaya penyelundupan satwa liar  itu.

Beberapa pekan belakangan ini penyelundupan satwa liar gencar dilakukan orang tak bertanggungjawab. Hingga kini, polisi masih terus memburu para pelaku penyelundupan satwa liar di Sorong.

Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan, beberapa waktu lalu kepada waratawan di Mapolres Sorong Kota berjanji akan memburu para penyelundup satwa liar itu. “Kami berupaya menangkap  para penyelundup satwa dilindungi itu ,”ujar Ary. ***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Gara-gara Main Hape, Dua Pelajar Tewas Ditabrak KA

Senin, 24 Januari 2022 | 19:58 WIB

Vaksin Booster Bagi Ribuan Pegawai dan Pensiunan UGM

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:19 WIB

Wagub Jateng Ingatkan, Omicron Jangan Sampai Meluas

Minggu, 23 Januari 2022 | 12:02 WIB
X