• Minggu, 26 Juni 2022

BPJS Ketenagakerjaan Gresik Beri Perlindungan Pekerja Sektor Jasa Kontruksi

- Rabu, 10 Maret 2021 | 19:50 WIB

GRESIK: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik bersinergi dengan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Seluruh Indonesia (Gapensi) untuk memberikan perlindungan bagi para pekerja sektor jasa konstruksi (jakon) di wilayah Gresik. Upaya itu dilakukan karena pelaksanaan pembangunan sektor konstruksi masih terus berlangsung, termasuk saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik, Ahmad Fauzie Usman, pihaknya melakukan sosialisasi kepada sektor jasa kontruksi ini, karena kegiatan pembangunan nasional dan swasta harus didukung."Terutama dukungan dalam bentuk perlindungan bagi para pekerjanya yang terlibat dalam kegiatan konstruksi/proyek tersebut," ujarnya, Rabu (10/3/2021).

Dalam sosialiasi yang digelar di kantor Gapensi Gresik tersebut, pihaknya menjelaskan tentang manfaat yang diperoleh tenaga kerja dan pemberi kerja di bidang jasa konstruksi jika terjadi resiko kecelakaan kerja selama proyek berlangsung. Termasuk sosialisasi terkait kemudahan akses pendaftaran dan cara klaim jika terjadi kecelakaan kerja, hingga mendorong kepatuhan pemberi kerja di bidang jasa konstruksi.

Menurut Fauzie Usman, dengan mendaftarkan kegiatan konstruksinya di BPJS Ketenagakerjaan, maka seluruh resiko pembiayaan pengobatan, perawatan, dan santunan jika terjadi musibah yang menimpa pekerjanya, bisa dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan. "Apalagi dengan adanya kenaikan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sesuai PP Nomor 82 Tahun 2019. Maka pekerja, pemberi kerja dan ahli waris mendapatkan manfaat yang optimal, karena kami tahu sektor konstruksi merupakan salah satu pekerjaan yang beresiko tinggi kecelakaan kerjanya," ujarnya.

Pihaknya memastikan jaminan kemudahan untuk melakukan pendaftaran Jasa Konstruksi di BPJS Ketenagakerjaan. Karena saat ini, kata dia, pendaftaran kepesertaan dai sektor Jasa Konstruksi sudah bisa dilakukan melalui kanal Elektronik Jasa Konstruksi (E-Jakon), sehingga pendaftaran proyek bisa dilakukan lebih mudah, real time di mana saja, dan bahkan bisa melalui Smartphone.

Ketua Gapensi Kabupaten Gresik KA Makhrudy, merespon positif sosialisasi terkait pemberian jaminan perlindungan untuk para pekerja sektor jasa konstruksi tersebut. "Kami berharap keberadaan E-Jakon akan mendorong para anggota kami untuk mendaftarkan pekerjaan konstruksinya di BPJS Ketenagakerjaan, dan mohon bisa dibantu dalam pelaksanaannya," ujarnya.***

 

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Yang Lolos SBMPTN UNS, Ini Tahapan Selanjutnya

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:19 WIB

Presiden Jokowi Ulang Tahun, Ini Doa Gibran

Selasa, 21 Juni 2022 | 18:32 WIB

DPRD Minta Pemkot Maksimalkan Manfaat CCTV

Senin, 20 Juni 2022 | 17:47 WIB
X