logo

PWI Pusat Dan KemenPP-PA Gelar Pelatihan Jurnalistik

PWI Pusat Dan KemenPP-PA Gelar Pelatihan Jurnalistik

Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat Kamsul Hasan.
12 Juni 2019 19:38 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Untuk melindungi wartawan dari jeratan hukum atas pemberitaan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak,  PWI Pusat bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPP-PA) mengadakan pelatihan Jurnalistik Perspektif Gender dan Perlindungan Anak.

Pelatihan akan berlangsung tanggal 19-20 Juni 2019 di Bogor,  Jawa Barat. Sebanyak 30 wartawan media cetak, elektronik dan media online telah terdaftar untuk mengikutinya

Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat Kamsul Hasan selaku fasilitator, dalam siaran persnya, Rabu (12/6/2019),  mengatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama PWI Pusat.

Pelatihan ini, ujarnya, akan membahas UU Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) Dewan Pers dikaitkan dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS).

"PPRA Dewan Pers dimaksudkan sebagai rambu dan atau sekaligus upaya melindungi wartawan dari jeratan hukum UU Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) yang mengancam media cetak maupun elektronik pidana 5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta," kata Kamsul.

Pelatihan ini, tuturnya, juga dimaksudkan sebagai sosialisasi Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) produk terbaru Dewan Pers yang disahkan 9 Februari 2019 di Surabaya saat Hari Pers Nasional (HPN) bersamaan dengan MoU Dewan Pers dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.***

Editor : Yon Parjiyono