logo

Enam Kantor Kelurahan Di Depok Akan Dibangun dan Direnovasi

Enam Kantor Kelurahan Di Depok Akan Dibangun dan Direnovasi

Model kantor kelurahan di Kota Depok
12 Juni 2019 18:46 WIB
Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Tiga gedung kelurahan di Kota Depok Jawa Barat, akan dibangun  Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok di tahun 2019.

Disrumkin juga akan merenovasi terhadap tiga gedung kelurahan di tahun 2019.

Kepala BidangTata Bangunan Disrumkim Kota Depok Suwandi, dalam keterangannya sebagaimana diberitakan depok.go.id, Rabu (12/6/2019), tiga gedung kelurahan yang akan dibangun meliputi Kelurahan Cinangka, Kelurahan Bojongsari Baru, dan Kelurahan Pancoran Mas.

“Saat ini sedang dalam tahap lelang yang memakan waktu sekitar 1,5 bulan. Setelah itu, baru pembangunan fisiknya,” tuturnya.

Ketiga gedung kelurahan yang dibangun terdiri dari dua lantai. Dengan luas bangunan masing-masing untuk Gedung Kelurahan Cinangka 258 meter persegi, Bojongsari Baru 341,72 meter persegi, dan Pancoran Mas 365 meter persegi.

“Sementara luas lahan keseluruhan mencapai 2.958 meter persegi,” ujarnya.

Total anggaran pembangunan ketiga gedung kelurahan tersebut, kata Suwandi, sekitar Rp9 miliar yang berasal dari  Anggara Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Dengan target penyelesaian pada akhir Desember 2019.

“Mudah-mudahan proses lelangnya berjalan lancar, sehingga pembangunan fisiknya dapat segera dilaksanakan,” ujar Suwandi menandaskan.

Sementara renovasi terhadap tiga gedung kelurahan meliputi Kelurahan Limo, Kelurahan Baktijaya, dan Kelurahan Bojongsari. Renovasi ringan tersebut ditargetkan selesai akhir Desember 2019.

“Saat ini kita sedang mempersiapkan proses lelang untuk renovasi gedung Kelurahan Limo dan Baktijaya, karena anggarannya di atas Rp200 juta. Sementara, Bojongsari anggaranya sekitar Rp99 juta, sehingga tidak perlu lelang,” tutur Suwandi, Kamis (9/5/2019) lalu.

Pekerjaan renovasi ringan yang dilakukan, tuturnya, meliputi, penambahan ruangan baru, perbaikan atap, dan pengecatan ulang.

“Untuk Limo dan Baktijaya itu, sebagian besarnya berupa penambahan ruangan pelayanan. Sementara Bojongsari, pengecatan ulang, perbaikan lantai dan atap. Saat ini, sudah hampir selesai,” ujarnya.

Lebih lanjut, ucapnya, renovasi tiga gedung kelurahan menggunakan APBD Kota Depok dengan total anggaran keseluruhan sekitar Rp900 juta.

“Mudah-mudahan proses renovasinya berjalan lancar, sehingga bisa rampung di akhir tahun ini,” ucapnya.***

Editor : Markon Piliang