logo

Mantan KSAD George Toisutta Hembuskan Nafas Terakhir

Mantan KSAD George Toisutta Hembuskan Nafas Terakhir

Foto: Kolase Instagram nurmantyo_gatot dan foto tim Prabowo.
12 Juni 2019 10:43 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juni 2019. Kabar duka ini disampaikan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melalui akun Instagramnya, @nurmantyo_gatot yang disalin Suarakarya.id. Rabu (12/6/2019).

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Duka yang sangat mendalam menyertai kepergian almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta menghadap Sang Khalik pada hari ini. Beliau adalah atasan, senior, guru dan pelatih saya. Semoga almarhum husnul khotimah dan diberikan tempat yang mulia disisi Allah SWT. Aamiin."

Putra George, Andi, membenarkan ayahnya meninggal dunia. “Iya, di RSPAD jam 5  subuh,” ujarnya, Rabu (12/6/2019) pagi seperti dilaporkan Viva.

Rencananya, jenazah George akan dimakamkan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dikunjungi Prabowo

Dilansir Liputan6.com, sebelumnya Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mendatangi ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta untuk menjenguk sahabatnya, mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) George Toisutta.

George Toisutta terbaring sakit karena kanker usus yang dideritanya. 

Dalam foto yang disebar pihak Prabowo Subianto dan diunggah di Tribunnews.com, tubuh Jenderal TNI (Purn) George Toisutta tampak sangat kurus. Hidungnya dipasangi selang sedang berbaring di rumah sakit.

Dalam kunjungannya itu, Prabowo sempat berbincang santai. Ia pun mendoakan Toisutta agar diberi kesembuhan dan keluarganya diberikan kekuatan dan kesabaran.

"Saya berdoa agar Allah SWT memberikan kesehatan dan kesembuhan untuk beliau, juga kepada keluarga beliau agar tetap kuat dan tegar," ungkap Prabowo dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2019).

Prabowo mengaku memiliki hubungan dekat dengan Jenderal TNI (Purn) George Toisutta. Ia juga memuji kemampuan militer sahabatnya itu.

Menurutnya, mantan KSAD periode 2009-2011 itu merupakan sosok prajurit yang sangat cerdas dan kuat serta memiliki kemampuan strategi yang sangat baik.

"Beliau adalah sosok prajurit yang cerdas dan kuat dan memiliki kemampuan strategi yang sangat baik," ungkapnya.

Ketum Partai Gerindra itu juga mengajak seluruh rakyat Indonesia terutama prajurit TNI baik yang aktif maupun yang purnawirawan untuk mengirimkan doa agar sang Jenderal diberikan kesehatan oleh Tuhan.

"Saya mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus memberikan doa agar beliau diberikan kesehatan dan kesembuhan," ucapnya

Jenderal TNI George Toisutta merupakan seorang purnawirawan TNI AD serta mantan KSAD sejak 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011. Sebelumnya ia menjabat sebagai Panglima Komando Strategi Angkat Darat (Pangkostrad) sejak 2007 hingga tahun 2009. ***

Editor : Pudja Rukmana