logo

Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Daya Tarik Baru Wisatawan

 Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Daya Tarik Baru Wisatawan

Pantai Ngobaran nan menawan. (Foto: SK.id/Pudyo Saptono)
11 Juni 2019 14:19 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - YOGYAKARTA: Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang terkenal sebagai surganya kaum wisatawan, khususnya wisata pantai. Tidak hanya satu dua, tapi puluhan pantai yang menawan terhampar disana. Tak pelak, orang pun pada berbondong-bondong kesana di hari libur, seperti Lebaran 2019 kali ini.

Meskipun sudah memiliki sejumlah pantai fenomenal seperti Kukup, Baron, Indrayanti, Wedi Ombo dan yang lainnya, Pemkab Gunung Kidul masih terus menggarap pantai-pantainya agar tidak terbengkelai. Yang teranyar dan kini banyak diserbu wisatawan adalah Pantai Ngobaran, di kawasan Kanigoro, Sapto Sari

Tidak salah orang menyebut, Gunung Kidul yang terkenal tandus sejatinya adalah surga para pecinta wisata alam, baik wisata alam pegunungan maupun wisata pantai. Saking banyaknya, sampai-sampai orang bingung harus mengunjungi pantai yang mana dulu.

Pantai Ngobaran sendiri sangat berdekatan dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta, bahkan untuk tiba di destinasi wisata yang satu ini, wisatawan bisa cukup dengan berjalan kaki menyusuri bibir pantai.

"Tidak perlu biaya mahal untuk bisa menikmati Pantai Ngobaran. Pemandangan indah bisa menciptakan liburan mengesankan serta tidak berat di ongkos," kata Fibras Poeti Andhini, mantan PR sejumlah hotel di Yogyakarta, saat berwisata di Pantai Ngobaran bersama keluarganya, Selasa (11/6/2019).

Apa yang disebut Fibras memang benar. Harga tiket masuk pantai Ngobaran ini cukup terjangkau, hanya dengan mengeluarkan kocek Rp5.000/orang, wisatawan sudah bisa masuk ke kewasan wisata ini. Menariknya, biaya tiket sudah termasuk beberapa pantai yang ada di sekitar Pantai Ngobaran.

Bila kita membawa kendaraan, siap-siap saja membayar retribusi parkir untuk warga sekitar. Biasanya, tarif untuk motor sekitar Rp2.000, mobil Rp5.000, dan tarif parkir bus Rp10.000 sampai Rp20.000,-.

Wisatawan lainnya, GG Mega Lazuardi PHN, asal Semarang mengaku takjub dengan apa yang tersaji di Pantai Ngobaran. Karena disana juga ada wisata budayanya. Sebuah pura yang biasa digunakan sebagai acara adat dibangun cukup megah. Memang dii pantai ini biasanya juga diadakan upacara adat setempat.

Selain itu, di Ngobaran Mega bersama keluarga juga bisa leluasa menikmati wisata kuliner Landak Laut, pemandangan sunset, hingga spot Foto.

"Pemandangan pantainya menawan, membuat mata tak ingin lepas melihat dan ingin mengambil gambar dalam bentuk foto. Panoramanya sangat eksotis. Jadi pengin kesini lagi," terang Mega.

Pantai Ngobaran sendiri merupakan salah satu gugusan pantai di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini merupakan wisata sepaket tiga pantai yang lokasinya berdampingan, yaitu Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, dan Pantai Nguyahan. Pantai Ngobaran juga pantai yang memiliki sejarah panjang karena berkaitan dengan sejarah akhir masa keberadaan kerajaan Majapahit dan zaman kerajaan islam di Indonesia.***

Editor : Pudja Rukmana