logo

PMI Distribusikan Air Bersih Untuk Korban Banjir Di Samarinda

PMI Distribusikan Air Bersih Untuk Korban Banjir Di Samarinda

Bantuan air bersih dari PMI. (foto, ist)
10 Juni 2019 23:18 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - SAMARINDA: Merespon persediaan air bersih warga yang kian menipis, di daerah banjir Kota Samarinda. Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Timur (Kaltim) menyalurkan ribuan liter air bersih.

"Akibat banjir sumber air bersih yang digunakan warga rusak, keruh dan kotor. Kami mengerahkan relawan untuk menyalurkan air bersih ke berapa titik permukiman," tutur Kepala Markas PMI Kaltim Mesdiono Matali, seperti dilansir dari Antara, di Jakarta, Senin (10%6/2019).

Dikemukakannya, air bersih yang didistribusikan untuk korban banjir tersebut juga dibantu oleh PDAM setempat. Untuk diberikan kepada 330 kepala keluarga atau 1.600 jiwa di RT 21, Perum Bengkuring, Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara.

Penyaluran air bersih ini akan terus dilakukan ke lokasi lainnya, karena kebutuhannya terus meningkat, menyusul banjir yang melanda beberapa wilayah di Samarinda. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih ini pihaknya berkoordinasi dengan instansi lain seperti PDAM dan lainnya.

Tidak hanya air bersih, PMI juga sudah mulai menyebarkan bantuan darurat, yang dibutuhkan korban banjir. Selain itu, melakukan patroli bersama anggota TNI dan Polri untuk mengantisipasi korban yang terjebak banjir dan harus dievakuasi.

Editor : Yon Parjiyono