logo

Kemensos Siap Salurkan Bantuan Rp1 Miliar Untuk Korban Banjir

Kemensos Siap Salurkan Bantuan Rp1 Miliar Untuk Korban Banjir

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua dari kanan) didampingi Dirjen LinJamsos Kemensos Harry Hikmat (kiri), Sekjen Kemensos Hartono Laras (kedua dari kiri), serta Kabiro Humas Kemensos Sonny W Manalu (kanan) (foto,ones)
10 Juni 2019 22:46 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Karsasmita menyatakan Kementerian Sosial (Kemensos) siap menyalurkan bantuan sedikitnya senilai Rp1 milar. Untuk para korban banjir di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Hal itu dikemukakannya usai acara halal bihalal di Kemensos, Jakarta, Senin (10/6/2019). Dikatakannya, dia akan menyerahkan sendiri bantuan tersebut pada Selasa (11/6/2019).

Lebih lanjut Mensos menjelaskan, selain bantuan logistik juga berupa bantuan perlengkapan pengungsian. "Tahap pertama akan dikirim senilai Rp500 juta besok, Saya akan hadir langsung besok (Selasa), " ujarnya.

Bantuan logistik berupa makanan, lauk pauk, selimut, pakaian hingga tenda. Selain itu, Kemensos juga menyiapkan bantuan perlengkapan pascabencana. "Agar pengungsi dapat membersihkan rumahnya," ucapnya. Seperti ember, sapu, lap untuk membersihkan rumah masing-masing.

Kemensos,  dikemukakannya, selalu siap sedia berapapun nominal dari bantuan yang dibutuhkan pengungsi. "Bila ada bantuan yang dibutuhkan lebih dari itu akan kami siapkan," kata Mensos.

Data menyebutkan terdapat 4.198 pengungsi dari 1.091 keluarga. Enam kecamatan yang terimbas banjir adalah Andowia, Asera, Oheo, Landawe, Langgikima, dan Wiwirano. Banjir juga mengakibatkan 72 rumah hanyut dan ribuan lain terendam.

Kerusakan sektor pertanian mencakup lahan sawah 970,3 ha, lahan jagung 83,5 ha dan lainnya 11 ha. Sedangkan, di sektor perikanan banjir merendam tambak seluas 420 ha. Selain, kerusakan fasilitas umum, seperti jembatan, jalan, rumah ibadah dan fasilitas kesehatan.

Editor : Yon Parjiyono