logo

Ribuan Orang Diangkut KM Tidar Singgahi Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

Ribuan Orang Diangkut KM Tidar Singgahi Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

10 Juni 2019 06:12 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AMBON: Dua kapal Pelni yakni KM Tidar dan KM Nggapulu dari arah Barat Indonesia menyinggahi pelabuhan Namlea (Pulu Buru) dan masuk pelabuhan Yos Sudarso Ambon mengangkut ribuan penumpang arus balik pascaLebaran 2019.

"Kalau semalam itu KM Tidar merapat di Pelabuhan Yos Sudarso dan menurunkan 1.628 penumpang," kata Amiludin, salah satu petugas KSOP di Posko terpadu pengamanan mudik Lebaran kompleks Pelabuhan Yos Sudarso, di Ambon, Senin  (9/6/2019)  seperti dilansir Antara.

Setelah menurunkan ribuan penumpang pada Sabtu, (8/6) malam, KM Tidar kembali menaikkan 1.367 penumpang yang berangkat tujuan Tual, Dobo, Kaimana, Fakfak, Sorong, Manokwari, dan Nabire.

Kemudian dijadwalkan pada Sabtu, (15/6) KM Tidar akan merapat di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pukul 14:00 WIT dan melanjutkan perjalanan menuju Namlea, Baubau, dan Makassar pada pukul 17:00 WIT.

"Hari ini KM Nggapulu juga baru tiba dari arah barat Indonesia dan penumpang yang turun juga sangat banyak seperti KM Tidar semalam, namun kami belum menerima laporan resmi dari PT. Pelni sehingga tidak bisa diprediksikan," ujar Amiludin.

Tetapi jumlahnya tidak jauh berbeda dengan KM Tidar yang merapat pada Sabtu, (8/6) malam, kemudian jumlah penumpang yang naik KM Nggapulu tujuan Banda, Tual, Dobo, Kaimana juga cukup berimbang dengan penumpang yang turun.

KM Nggapulu juga dijadwalkan akan kembali merapat di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada Jumat, (14/6) sekitar pukul 05:00 WIT dan berangkat pukul 07:00 WIT menuju Baubau, Makassar, Surabaya, dan Yanjung Priok Jakarta.

Dikatakan, Pelabuhan Yos Sudarso Ambon hari ini juga disinggahi KM Sangiang dari Namlea dan merapat pukul 14:00 WIT dengan menurunkan 459 penumpang dan akan kembali berlayar menuju Namlea, Sanana, Ternte, dan Bitung dengan mengangkut ratusan penumpang. ***
 

Editor : B Sadono Priyo