logo

Peserta Mudik Ramah Anak Dan Penyandang Disabilitas Kembali Ke Jakarta

Peserta Mudik Ramah Anak Dan Penyandang Disabilitas Kembali Ke Jakarta

Peserta mudik ramah anak dan disabilitas diberangkatkan kembali ke Jakarta
09 Juni 2019 21:22 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pemudik penyandang disabilitas difasilitasi untuk kembali ke Jakarta, Minggu (9/6/2019). Sebanyak 19 penyandang disabilitas dan 16 anak diberangkatkan kembali ke Jakarta melalui program mudik ramah anak dan disabilitas (MRAD) dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF)  Kementrian Sosial Prof Dr Soeharso, Kota Solo, Jawa Tengah.

Peserta mudik gratis yang diselenggarakan kerjasama antara Kementerian Perhubungan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut tidak hanya berasal dari Kota Solo, tetapi juga daerah lain di sekitar Kota Solo.

"Peminatnya cukup banyak, total peserta mencapai 195 orang dan 98 diantaranya penyandang disabilitas," jelas Inisiator MRAD, Ilma Sovri Yanti Ilyas.

Program tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2016 lalu. Ilma berharap program semacam itu bisa memacu pihak lain untuk mengadakan kegiatan serupa.

"Bisa dari perusahaan swasta, BUMN, hingga civil society. Hak penyandang disabilitas memiliki kebutuhan harus terpenuhi, termasuk saat momen mudik dan arus balik Lebaran," jelasnya lagi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Kota Solo, Ari Wibowo, menambahkan Pemerintah Kota Solo juga terlibat dalam mudik gratis ramah anak dan disabilitas tersebut. Tahun ini merupakan kedua kalinya Pemkot Solo terlibat.

"Kami berharap bisa terus dilibatkan, ke depan tidak hanya melalui angkutan bus saja tetapi harapannya juga untuk kereta api maupun pesawat," ujarnya. ***

Editor : Pudja Rukmana