logo

Wisata Candi Prambanan Siapkan Kemudahan Akses Bagi Penyandang Difabel

Wisata Candi Prambanan Siapkan Kemudahan Akses Bagi Penyandang Difabel

Candi Prambanan (foto, ist)
09 Juni 2019 13:24 WIB
Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - SLEMAN: Sebagai bentuk pelayanan yang optimal. Pihak pengelola kawasan wisata sejarah Candi Prambanan telah menyiapkan kemudahan akses bagi difabel. Baik di pintu masuk maupun di kawasan candi.

Demikian dikemukakan General Manager Candi Prambanan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Aryono Hendro Malyanto di Sleman, Minggu (9/6/2019). Seperti diketahui, objek wisata sejarah budaya itu terdapat di perbatasan Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Dijelaskannya, kemudahan akses tersebut yakni penyediaan jalur khusus bagi difabel penggunaan kursi roda. "Akses bagi pengguna kursi roda ini sudah bisa sampai ke kawasan pelataran candi utama. Sehingga, saudara penyandang difabel bisa menikmati Candi Prambanan dengan jarak lebih dekat lagi," tuturnya, separti dilansir dari Antara.

Untuk itu, pihak pengelola juga menyediakan sejumlah kursi roda, yang bisa digunakan kaum difabel untuk berkeliling kawasan Candi Prambanan. Tidak hanya itu, disiapkan pula para relawan dan tenaga kesehatan.

"Kami juga mensiagakan dua unit mobil ambulance di kawasan candi," ujarnya. Aryono memprediksikan puncak kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan akan terjadi pada hari ini (Minggu 9 Juni) dengan target kunjungan lebih dari 35.000 wisatawan dalam sehari.

"Pada Lebaran tahun lalu puncak kunjungan wisatawan tercatat ada sekitar 35.000 wisatawan dalam satu hari. Tahun ini kami prediksikan bisa melebihi angka tersebut," katanya.

Editor : B Sadono Priyo