logo

Diberlakukan One Way Arah Puncak

Diberlakukan One Way Arah Puncak

Diperlakukan satu arah (one way) dari arah Puncak ke Jakarta, Sabtu (8/6/2019).
08 Juni 2019 15:37 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Usai menguras kendaraan dari arah Cianjur, Polres Bogor memberlakukan satu arah (one way) dari arah Jakarta/Bogor menuju Puncak pukul 11.00, Sabtu (8/6/2019).

Polisi berencana membuka jalur dua arah pada Sabtu (8/6/2019) sore ini. Setelah mengalami keterlambatan hampir empat jam, sistem satu arah dari arah Jakarta menuju Puncak akhirnya diberlakukan.

Pantauan wartawan di Pos Pengawas Lalin, Simpang Gadog, arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak baru bisa diberlakuan satu arah sekitar pukul 11.00 WIB.

Sistem tersebut mengalami keterlambatan sekitar empat jam dari jadwal yakni pukul 07.00 WIB. Sementara, untuk kendaraan dari arah Cianjur yang menuju Jakarta harus ditahan terlebih dahulu sampai batas waktu yang belum ditentukan oleh petugas.

Namun, diperkirakan sistem satu ke arah Jakarta juga akan mengalami keterlambatan yang sama atau kembali dibuka sekitar pukul 17.00 WIB.

"Arus wisata ke Puncak dengan arus balik dari arah Cianjur ke Jakarta padat. Jadi ada keterlambatan oneway," kata Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar AM Dicky.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang ingin menuju Cianjur dan sekitarnya menghindari Jalur Puncak dan disarankan menggunakan jalur alternatif via Jonggol agar tidak terjebak kemacetan.

"Kami sarankan yang ingin ke Cianjur exit di Cibubur masuk ke Jonggol nanti akan tembus sampai Taman Bunga, Cipanas. Ini untuk menghindari macet karena hari ini Jalur Puncak akan padat sekali," tuturnya.

Sebelumnya, lalu lintas di kawasan Puncak cukup padat. Antrean kendaraan dari Tol Jagorawi mengular 8 kilometer jelang Gerbang Tol Ciawi mengarah ke Puncak, Cisarua.

Pantauan di Simpang Gadog, antrean kendaraan mulai dari KM 40 jelang GT Ciawi hingga KM 48, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor. Sebagian besar, kendaraan yang mengarah ke Puncak didominasi berpelat B (Jakarta).

Editor : Yon Parjiyono