logo

Bersih Dari Kasus, bjb Utamakan Optimalisasi Penerimaan Pajak

Bersih Dari Kasus, bjb Utamakan Optimalisasi Penerimaan Pajak

07 Juni 2019 18:26 WIB
Penulis : Ahmad Syukri

SuaraKarya.id - BANDUNG: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) sebagai mitra kerja Pemprov bersama Tim Pembina Samsat Banten berkomitmen mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan optimalisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor.

Bank bjb melalui berbagai inovasi, terus berupaya mewujudkan transparansi transaksi publik. Hal ini guna membantu memberikan keamanan, dan kenyamanan wajib pajak yang hendak bertransaksi di kantor Samsat.
komitmen tersebut tidaklah sulit, mengingat BPD nomor satu di Indonesia ini, selalu memiliki catatan kinerja keuangan yang sangat positif serta jauh dari isu korupsi dan kredit fiktif.

Selanjutnya, setelah sukses di Jawa Barat dengan Layanan Samsat J’bret (Jawa Barat Ngabret) melalui Aplikasi SAMBARA. Saat ini, bank bjb bekerjasama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten untuk layanan e-Samsat Banten melalui aplikasi SAMBAT (Samsat Banten Hebat).

“Sekarang, Aplikasi SAMBAT bisa diakses oleh seluruh masyarakat Banten. Lewat aplikasi ini, wajib pajak bisa memperoleh info pajak serta dengan mudah mendapatkan kode bayar setelah registrasi,” kata Direktur Keuangan bank bjb, Nia Kania dalam siaran persnya, Jumat (7/6/2019).

Ia menjelaskan, untuk membayar pajak kendaraan tahunan, wajib pajak cukup mengakses aplikasi SAMBAT yang juga bisa diunduh melalui play store dari ponsel.

 “Wajib pajak bisa unduh aplikasinya, kemudian registrasi dengan input nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor rangka yang terdapat di STNK. Setelah itu wajib pajak akan mendapat kode bayar dan membayar di seluruh jaringan kantor dan jaringan elektronik (ATM dan bjb Digi),” katanya.

Ke depan, kata dia, pembayaran pajak bisa dilakukan lewat transaksi di channel layanan yang telah bekerjasama dengan bank bjb di seluruh Indonesia, seperti e-commerce (tokopedia dan bukalapak), Fintech (Kaspro) dan Channel Payment Point Bank (PPOB). Setelah membayar, wajib pajak bisa segera melakukan pengesahan STNK di kantor Samsat terdekat.

Editor : Gungde Ariwangsa SH