logo

Pemudik Program Mudik Gratis, Diberangkatkan Kembali Ke Jakarta

Pemudik Program Mudik Gratis, Diberangkatkan Kembali Ke Jakarta

Peserta mudik gratis melakukan daftar ulang di Terminal Tirtonadi Solo sebelum diberangkatkan kembali ke Jakarta
07 Juni 2019 16:08 WIB
Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pemudik yang mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, akan diberangkatkan kembali ke Jakarta mulai, Jumat (7/6/2019) dari Terminal Tipe A Tirtonadi, Kota Solo, Jawa Tengah. Ratusan sepeda motor pemudik akan diberangkatkan terlebih dahulu pada Jumat malam sedangkan penumpang akan diberangkatkan Sabtu (8/6/2019) pagi.

Berdasarkan data yang diterima petugas di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, jumlah sepeda motor yang akan diberangkatkan sebanyak 206 unit untuk program dari Kemenhub. Sedangkan dari program Pemprov DKI Jakarta akan diberangkatkan sebanyak 104 sepeda motor.

"Sepeda motor dari program Kemenhub diangkut dengan 11 truk sedangkan dari Pemprov DKI diangkut dengan 5 truk," jelas Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, Jumat (7/6/2019).

Sedangkan jumlah bus yang disediakan sebanyak 60 bus dari Kemenhub dan 35 bus dari Pemprov DKI. Jumlah peserta mudik motor gratis dari Kemenhub tahun ini sebanyak 4.260 orang.

"Sedangkan dari Pemprov DKI Jakarta belum terkonfirmasi jumlah peserta mudiknya," katanya.

Menurut Joko, untuk jumlah sepeda motor pemudik gratis tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Sedangkan untuk jumlah penumpang mudik gratis lebih banyak dibandingkan program yang sama tahun lalu.

"Untuk sepeda motor turun 20 persen kalau penumpang naik 30 hingga 40 persen, jika tahun lalu hanya 66 bus tahun ini lebih dari 85 bus," jelasnya lagi.

Untuk pemberangkatan penumpang program mudik gratis akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB. Penumpang harus datang sekitar pukul 05.00 WIB untuk terlebih dahulu melakukan registrasi ulang.

Sebelumnya, peserta mudik gratis telah melakukan registrasi dan menyerahkan sepeda motornya untuk diangkut kembali ke Jakarta pada Jumat pagi.

Sementara itu koordinator mudik gratis dari Kemenhub, Yeldi Ramadan, mengatakan registrasi ulang bagi pemudik diperlukan, untuk menghindari adanya tiket palsu dan dobel tiket. Sepeda motor dan penumpang dari program mudik gratis tersebut akan diturunkan di Taman Mini, Jakarta.

"Semua diturunkan di sana. Sampai saat ini tidak ada kendala, hanya ditemukan beberapa tiket palsu dan petugas langsung bisa mengetahui sehingga tidak diberikan nomor bis," ujarnya. ***

Editor : Yon Parjiyono