logo

Ketua Amarta Rico Sinaga: Gubernur Anies Lakukan Kebijakan Simpatik, Perbolehkan Takbir Keliling

Ketua Amarta Rico Sinaga: Gubernur Anies Lakukan Kebijakan Simpatik,  Perbolehkan Takbir Keliling

Ketua Amarta, M Rico Sinaga
03 Juni 2019 21:50 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) menilai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuat kebijakan simpatik untuk masyarakat muslim dan semua pihak dengan memperbolehkan pelaksanaan Takbiran Keliling.

Di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak diperbolehkan ada kegiatan takbir keliling.

Ketua Amarta, M Rico Sinaga mengatakan, kebijakan itu memberi pesan kepada dunia bahwa Jakarta aman dan damai. "Menurut saya, kebijakan Anies memperbolehkan Takbiran Keliling adalah kebijakan cerdas, simpatik, dan penuh integritas," ujarnya, Selasa (4/5/2019).

Rico menjelaskan, Takbiran Keliling sudah menjadi bagian dari budaya yang dilakukan turun-temurun jelang Lebaran.

"Itu menjadi ciri khas yang perlu terus dijaga kelestariannya," kata Rico. Ia menekankan, masyarakat yang ingin melaksanakan Takbiran Keliling harus bisa menjaga kepercayaan yang diberikan Anies Baswedan.

"Harus kita jaga bersama, jaga ketertiban dan patuhi aturan berlalu lintas. Terutama, untuk menunjang keselamatan berkendara maupun pengguna jalan lainnya," ucapnya. Rico menambahkan, instruksi Anies agar Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pengawalan adalah langkah tepat agar ketertiban peserta Takbiran Keliling bisa terjaga sejak awal keberangkatan.

"Tentunya menjadi tugas lanjutan dari Dishub untuk juga berkoordinasi dengan unsur Polri dan TNI," tuturnya menegaskan.

Seperti diketahui, Gubernur DKI, Anies Baswedan memperbolehkan masyarakat yang ingin melaksanakan Takbiran Keliling. Anies meminta, warga yang akan melakukan Takbiran Keliling menggunakan kendaraan agar berkoordinasi dengan lurah setempat agar bisa mendapatkan pengawalan dari personel Dishub.

Sebelumnya, Rico juga mengapreaiasi atas kebijakan Anies yang menyatakan bahwa Jakarta aman dan kondusif pasca kericuhan unjuk rasa pengumuman hasil Pilpres.

Editor : Yon Parjiyono