logo

Semua Museum DKI Lebaran Kedua Buka, Khusus Kota Tua Sampai Pukul 20.00

Semua Museum DKI Lebaran Kedua Buka, Khusus Kota Tua Sampai Pukul 20.00

03 Juni 2019 04:34 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Semua museum yang dikelola Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  DKI Jakarta pada hari raya Idul Fitri  5 Juni 2019 nanti  tutup. Namun hari Lebaran kedua  6 Juni 2019 akan  dibuka  untuk pengunjung. Karena itu diharapkan warga masyarakat yang hendak berekreasi edukasi ke museum museum miilik DKI tidak usah ragu-ragu.

Demikian dikatakan Kepala Seksi Sejarah dan Permuseuman Disparbud  DKI Jakarta Puji Surono, Minggu (2/6/2019).
Mengenai apa yang disuguhkan  masing-masing museum sudah terjadwal dengan pameran temporer yang akan berlangsung sampai  medio Juni. 

Sementara museum museum milik DKI di Kota Tua mulai 6 Juni 2019 akan diuji coba buka malam hari sampai pukul  20.00.

"Museum Sejarah Jakarta    dan museum DKI lainnya yang di Kota Tua tanggal 6 Juni nanti akan mulai uji coba buka malam hari sampai pukul 20.00 WIB," kata Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta  Dra Sri Kusumawati, Minggu (2/6/2019).

Museum yang dibangun tahun 1707 -1710 ini memiliki deretan penjara bawah tanah yang sebagian digunakan pameran karya seni Suara-suara dari (bawah) Laut. Waktu malam hari menjadi tontonan menarik di tempat itu.

Kepala Satuan Pelayanan  Museum Seni Rupa dan Keramik, Hari Prabowo SSn juga mengakui hal itu.  "Jadi 5 Juni kami tutup. Tapi 6 Juni kami buka sekaligus mulai uji coba buka sampai malam hari pukul 20.00," kata Hari Prabowo.

Museum Seni Rupa dan Keramik di Kota Tua ini memiliki koleksi unggulan yaitu lukisan cat minyak karya Hendra Gunawan yang berjudul Penganten Revolusi dari 450 lukisan yang ada. Lukisan ini dijadikan aplikasi program Augmated Reality untuk android.

Begitu HP android pengunjung diarahkan pada lukisan tersebut maka tampak di layar hp,  lukisan itu menjadi hidup seperti video.

Kepala UP Museum Seni Dra Esti Utami akhir bulan  lalu mengungkapkan pihaknya ingin membuat program augmated reality lagi untuk beberapa lukisan koleksi museum ini.

Menurut  Hari Prabowo ada lukisan unggulan lagi di museum ini yakni karya pelukis Raden Saleh berjudul "Bupati Cianjur" dan lukisan karya   S. Sudjojono.
Dalam ruang pamer lukisan di sayap utara Museum Seni Rupa dan Keramik ini ada tangga spiral dari besi berukir yang antik. Tangga itu  dari abad ke 19.

Lebih lanjut Puji Surono mengungkapkan, Unit Pengelola Kawasan Kota Tua di Taman Fatahillah dalam bulan Juni ini
akan menyuguhkan Pengembangan Destinasi berdasarkan Karakteristik  UPK KotuTua, Orkes Simfoni Kotatua ( 21 Juni) dan Sosialisasi  Gemar Makan Ikan Pelaksana Sudin Kelautan Jakarta Barat  Barat.Diharapkan dalam bulan Juni ini dilakukan peresmian Kawasan Wisata Kalibesar.

Sedang Anjungan DKI di TMII menyelenggarakan Pekan Lebaran tgl. 6 - 16 Juni 2019  yang diisi pergelaran, tari dan musim gambang kromong, lenong dan kuliner).

UAK Monas di Jakarta Pusat selama liburan sekolah mulai Lebaran  sampai dengan 16 Juni akan menghidupkan Air Mancur Menari dan Panggung Senja setiap
Week End  sampai 16 juni 2019. ***