logo

Kuliner Khas Grobogan Sambut Pemudik

Kuliner Khas Grobogan Sambut Pemudik

31 Mei 2019 21:53 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - PURWODADI: Grobogan sudah siap menyambut pemudik. Tidak melalui destinasi, tetapi juga kulinernya. Cita rasanya otentik dan varian yang ditawarkannya beragam. Kekayaan rasa tersebut menjadi rekomendasi #PesonaMudik2019.
 
“Selain alam dan budayanya, kuliner di wilayah Grobogan yang memiliki Pegunungan Kendeng sangat khas. Hal tersebut yang ikut memengaruhi kulinernya. Kekayaan kuliner ini tentu menjadi experience luar biasa bagi pemudik. Nuansa Lebaran 2019 semakin lengkap dengan kehadiran kuliner-kuliner khas dari Grobogan,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik Asia Pasifik tersebut.
 
Pastikan kuliner nikmat ini tidak terlewatkan sepanjang mudik-balik dan libur Lebaran 2019. Berikut ini disajikan #10TopKulinerLebaran2019 asal Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, yang nikmat:
 
1. Bakmi Mbah Nggolo
 
Bakmi Jawa menjadi kuliner populer di Grobogan. Salah satu depotnya adalah Bakmi Mbah Nggolo. Lokasinya berada di Wirosari, Grobogan. Karena populer dan nikmat, kedai ini selalu ramai dikunjungi pelanggannya. Kedai ini sudah lama beroperasi, yaitu mulai tahun 1967. Ada beragam varian menu yang bisa dinikmati, seperti Bakmi Jawa versi godhog dan goreng.
 
Semua menu yang ditawarkan terasa sangat spesial. Selain harganya murah, bumbunya nikmat dengan cita rasa gurih. Rasa pedas, manis, dan asinnya seimbang. Komposisinya makin menarik dengan topping rempela-ati. Bila melintas di wilayah Grobogan, silahkan singgah ke kedai ini.
 
2. Gule Kambing Mbah Rono
 
Kedainya boleh sederhana, tapi cita rasanya besar dan luar biasa. Gule Kambing Mbah Rono berada di Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan. Kedai ini sudah beroperasi sejak 1950-an. Berganti generasi tapi cita rasanya tetap otentik. Setiap harinya 1 ekor kambing selalu habis diserbu pembeli. Dengan resep warisan leluhur, kuah gule ini begitu gurih, lembut, dan harum.
 
Aroma dan rasa rempahnya sangat terasa. Kenikmatannya semakin lengkap, sebab daging kambingnya sangat lunak. Kuliner bercita rasa nikmat ini pun dibanderol dengan harga ramah. Pengunjung tidak perlu menguras dalam koceknya. So, silahkan merapat ke sana ya?
 
3. Ayam Bakar dan Goreng Noroyono
 
Ayam Bakar dan goreng Noroyono di Purwodadi, Grobogan, sangat ikonik. Kuliner tersebut sudah dijajakan sejak 1989. Lokasinya di Jalan R Soeprapto 132, Purwodadi, Grobogan. Untuk cabangnya ada di wilayah Gubug dan Wirosari. Ayamnya sangat lunak. Warna ayamnya sangat menarik dan menggugah selera. Bumbunya pun meresap.
 
Cita rasa otentiknya terasa gurih dan legit. Komposisi perpaduan bumbu rempahnya sangat pas. Rasa ayam semakin sempurna dengan sambel terasinya. Meski banyak bermunculan varian ayam bakar dan goreng, namun Noroyono tetap menjadi juara di Grobogan. Menu lainnya adalah olahan bebek (bebek luluran). Ada juga beragam jenis ikan, seperti gurami dan nila bakar atau goreng.
 
4. Ikan Bakar Suka Rasa Resto
 
Ikan Bakar Suka Rasa Resto menjadi lokasi ideal untuk kulineran. Lokasinya berada di Jalan Raya Purwodadi-Solo, KM3, Purwodadi. Fasilitasnya lengkap, termasuk meeting room. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner nikmati sembari lesahan.
 
Ada beragam menu yang ditawarkan oleh Ikan Bakar Suka Rasa Resto. Untuk menu olahan ikannya, ada gulai dan tongseng ikan gurami. Olahan menu ini sangat khas karena bumbunya meresap ke dalam. Lalu, bumbu rempahnya sangat kuat. Cita rasanya semakin lengkap dengan beragam sambal yang ikut disajikan.
 
5. Asem-Asem RM Langsung
 
Asem-asem daging merupakan salah satu kuliner favorit di Grobogan. Ada banyak kedai menawarkan kuliner jenis ini. Salah satu yang populer adalah Asem-Asem RM Langsung. Lokasinya berada di Jalan S Parman, Purwodadi, Grobogan. RM Langsung ini sudah beroperasi sejak 1950. Cita rasanya sangat khas dan otentik karena sudah beroperasi sejak 1950. Sensasi rasa yang muncul pun semakin lengkap dengan beragam minuman dingin menyegarkan yang ada di sana.
 
6. Sate Sapi Pak Beng
 
Deretan menu sate di Grobogan lebih berwarna. Ada varian sate sapi yang ditawarkan Pak Beng. Lokasi kedainya berada di Godong, Grobogan. Spot ini sudah terkenal sejak tahun 1939 karena kenikmatan cita rasanya yang tetap otentik. Tampilan sate sapinya sangat menarik, apalagi ada guyuran sambel kacang lengkap dengan bawang merah dan cabainya.
 
Terasa gurih dan legit, selera makan semakin naik karena nasinya. Untuk menguatkan rasanya, nasi putih alah Sate Sapi Pak Beng juga diguyur dengan sambal kacang. Sambalnya kental dengan rasa kacang yang sangat dominan.
 
7. Nasi Rames Daging Sapi Pak Pangat
 
Nasi Rames menjadi kuliner yang lazim dijumpai di banyak daerah. Namun, nasi rames asal Grobogan sangat berbeda. Komposisinya khas dengan daging sapi sebagai lauk utamanya. Cita rasanya nikmat, apalagi ada campuran lauk lainnya. Sepiring Nasi Rames Daging Sapi Pak Pangat dijamin cukup untuk mengembalikan kebugaran para pemudik.
 
Untuk menikmati kuliner istimewa ini, silahkan datang ke Kecamatan Gubug, Grobogan. Berada di sini, pemudik juga bisa mencoba beragam menu yan ditawarkan. Agar semakin segar, silahkan memilih jenis minumannya yang pas. Hangat atau dingin, minumannya tetap menyegarkan.
 
8. Soto Pojok
 
Seperti wilayah lain di nusantara, Grobogan juga punya kuliner soto. Namanya unik, yaitu Soto Pojok. Alamatnya berada di Kampung Pojok, Dusun Gadoh, RT02/RWVIII, Desa Sendangharjo, Karangrayung, Grobogan. Cita rasanya sangat nikmat, karena memadukan santan dan ayam kampung goreng. Rasa kuahnya sangat gurih.
 
Soto Pojok semakin nikmat. Sebab, isiannya terdiri dari tauge, kol, dan taburan bawang. Ayam goreng yang disajikan juga terasa gurih dan kering. Soto Pojok memang sengaja memisahkan antara soto dan ayamnya. Soto Pojok ini konon sudah beroperasi sejak zaman Belanda.
 
9. Sate Kambing Mbah To
 
Sate Kambing Mbah To termasuk kuliner legendaris yang sudah lama eksis. Di sini sate kambing jadi menu utamanya. Rasanya khas dengan daging empuk. Guyuran sambal kacangnya juga makin membuat Sate Kambing Mbah To terasa lebih nikmat. Selain sate, ada juga gule kambing. Dagingnya juga lembut dengan kuah yang gurih dan harum. Aroma bumbu rempahnya sangat kuat hingga membuat Sate Kambing Mbah To selalu ramai oleh pengunjung.
 
10. Ayam Pencok
 
Ayam Pencok merupakan kuliner otentik Grobogan. Kuliner ini populer di Kuwu, Kradenan, Grobogan. Salah satu pembuat Ayam Pencok adalah Saminem. Konon kenikmatan Ayan Pencok Saminem sudah terkenal hingga ke Singapura. Ada juga Ayam Pencok Warung Makan Mbak Sri Jago Muda. Salah satu keunikan ayam ini dalah pembuatannya. Prosesnya benar-benar menguji kesabaran. Bahan bakunya adalah ayam kampung.
 
Proses pembuatannya, ayam kampung yang sudah disembelih lalu dibersihkan. Berikutnya, daging ini lalu dicencem dengan bumbu uleg. Bumbunya terdiri dari garam dan bawang putih. Setelah ditaburi bumbu, ayam lalu dipanggang di atas bara api. Proses memanggangnya harus hati-hati. Jarak ayam dan bara harus 25-30 Cm. Api juga dijaga agar tidak besar. Prosesnya memakan waktu sekitar 2-3 jam. 

Editor : Gungde Ariwangsa SH