logo

Ketua JPS Syaiful Jihad Apresiasi Program Mudik Gratis Dari Gubernur Anies

Ketua JPS Syaiful Jihad Apresiasi Program Mudik Gratis Dari Gubernur Anies

Ketua JPS Syaiful Jihad bersama keluarga mengikuti program mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.
30 Mei 2019 22:01 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Program mudik gratis Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat apresiasi positif dari masyarakat Jakarta.

Event spesial yang pertama digelar Pemprov DKI ini dinilai merupakan cara gubernur membahagiakan warganya.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS) M Syaiful Jihad melalui keterangan tertulisnya kepada Suarakarya.Id, Kamis (30/5/2019).

"Sesuai tagline kampanye Anies, program mudik dan balik ini cara Anies bahagiakan warganya. Kami mengapreaiasi kebaikan hati Gubernur Anies," kata Syaiful.

Ia juga memuji kinerja Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Sigit Wijatmoko dan jajarannya yang sudah bekerja keras melaksanakan program mudik dan balik gratis tersebut dengan baik.

"Namun karena baru pertama digelar, perlu dievaluasi pelaksanaannya, baik dari saat pendaftaraan sampai arus balik," ujar Sekretaris Komunitas Reyog Ponorogo (KRP) ini.

Syaiful mengusulkan agar dalam pelaksanaan mudik dan balik tahun berikutnya, Pemprov DKI menambah kota tujuannya. Misalnya tujuan Madiun, Ponorogo dan Pacitan.

"Karena banyak warga Jakarta yang berasal dari tiga kota itu," tutur Syaiful. Selain itu, Syaiful berharap untuk rute jarak jauh, sebaiknya Pemprov DKI menyediakan bus yang dilengkapi toilet.

Seperti diketahui, hari ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 17.427 warga DKI dalam kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI .

Ribuan warga ber-KTP DKI tersebut diberangkatkan menggunakan 354 bus menuju 10 wilayah kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Sepuluh daerah tujuan itu adalah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Kebumen, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Jombang.

"Ini adalah mudik bersama pertama yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta," kata Anies dalam sambutannya. Selain memberangkatkan ribuan warga DKI menuju kampung halaman masing-masing, 754 sepeda motor milik warga yang mudik sudah lebih dulu diangkut sehari sebelumnya.

Anies menyebutkan, kegiatan mudik gratis ini merupakan bentuk apresiasi Pemprov DKI kepada warga pendatang yang telah menggerakkan perekonomian Jakarta dan aktif membayar pajak.

"Jadi ini dari pemudik melalui Pemprov DKI untuk pemudik," ujar Anies. Tak hanya mengantar warga melakukan mudik Lebaran, kegiatan ini juga melayani warga yang akan kembali dari kampung halamannya menuju Jakarta. Arus balik itu dijadwalkan akan dilaksanakan pada 8 Juni 2019.

Editor : Yon Parjiyono