logo

Yuk Nikmati 10 Kuliner Khas Tuban Pas Mudik

Yuk Nikmati 10 Kuliner Khas Tuban Pas Mudik

24 Mei 2019 18:39 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - JAKARTA: Berlibur selama #PesonaMudik 2019 ke Tuban memang tidak lengkap jika Anda hanya berkunjung ke objek wisatanya saja. Rasanya ada yang kurang bila tak merasakan lezatnya kuliner di Tuban. 

"Ada banyak tempat makan enak di Tuban wajib dikunjungi jika berlibur ke Tuban," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Jika Anda belum mengetahui tempat makan enak di Tuban, silahkan catat 10 tempat makan berikut ini:

1. Kari Rajungan Manunggal Jaya

Geografis kabupaten Tuban yang terletak di pesisir Pantai Utara menjadikan kabupaten ini memiliki banyak makanan berbahan dasar hewan laut salah satunya rajungan. Rajungan merupakan hewan laut yang mirip dengan kepiting, di Tuban rajungan di masak dengan kuah kare. Makanan khas tuban yang satu ini terkenal dengan rasa pedasnya. 

Rajungan di olah dengan bumbu khas, bumbu dasar yang di gunakan daun salam, batang sereh, laos, santan, air asam, semua di masak dan rajungan di masukan hingga bumbu meresap. Kemudian kare rajungan siap di sajikan. Jika ingin merasakan Kari Rajungan ini maka datang saja ke Kari Rajungan Manunggal Jaya di Jalan Manunggal depan SMAN 3 Tuban. Menunya bukan hanya kari rajungan saja, ada juga kari ikan pe atau juga ikan tongkol.

2. Becek Menthok

Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging menthok yang di bumbui dengan racikan bumbu yang khas sehingga menciptakan makanan dengan cita rasa yang luar biasa. Makanan khas yang satu ini terlihat mirip seperti kare. Memiliki kuah yang sangat banyak dengan tekstur kental. 

Bumbu rempah yang di gunakan merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi , daun salam, daun jeruk purut, serai , tomat, santan, dan taburan rajangan daun bawang. Disajikan dengan kuah yang hangat, makanan ini cocok untuk dinikmati ketika malam atau cuaca dingin. Salah satu warung makan yang terkenal enak menyediakan Becek Menthok ini adalah Warung Sor Sawo yang berada di Gang Buyung Jalan Majapahit, Desa Karang, Kecamatan Semanding. 

3. Sate Bebek

Sate merupakan salah satu makanan khas yang bisa Anda temui di daerah-daerah lain di Indonesia. Kalau biasanya di tempat lain sate menggunakan daging ayam atau kambing, di Tuban Anda akan menemukan sate yang menggunakan daging bebek.

Sate bebek ini memiliki tekstur yang lebih keras dari pada sate ayam. Sate ini diolah dengan menggunakan racikan bumbu khas Tuban yang untuk urusan rasa tidak perlu diragukan. Sate bebek ini di oleh dengan bumbu khas diantaranya, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun jeruk, cabai rawit hijau, air jeruk lemon. Warung Sor Sawo yang berada di Gang Buyung Jalan Majapahit, Desa Karang, Kecamatan Semanding juga menyediakan menu Sate Bebek.

4. Garang Asem

Garang asem merupakan olahan makanan yang berbahan dasar ayam yang diberi kuah santan. Garang asem ini dibungkus dengan daun pisang pada saat dimasak. Selain itu garang asem ini juga memiliki cita rasa asam serta pedas yang sangat menyatu. Ciri yang sangat khas pada garang asam khas Tuban ini adalah kuahnya yang bening, banyak, dan segar tentunya dan menggunakan daging ayam kampung.

Tempat makan yang memilik garang asem enak di Tuban adalah RM Rahayu. Garang Asem yang dijual di tempat makan ini tidak memakai santan sama sekali, sehingga kuahnya cukup bening. Meskipun kuah yang ada bening, namun rasanya tetap lezat dengan kuah yang segar. Bukan hanya itu saja, ayam kampung yang dimasak di dalam garang asem juga gurih dan empuk. Untuk anda yang ingin menikmati makanan khas Tuban, maka anda bisa datang ke jalan Basuki Rahmat.

5.Belut Pedas Pak Bagong

Mendengar makanan dari bahan belut memang tak asing lagi apalagi dengan cita rasa pedas, sangat khas makanan Tuban. Nah belut pedas khas tuban ini salah satu makanan yang harus Anda coba selama "PesonaMudik2019", masakan dengan racikan bumbu khas yang menghasilkan rasa yang istimewa. Warung Pak Bagong ini berada di Jalan Majapahit, Tegal Agung, Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Menariknya lagi, Anda bisa memilih makan menggunakan nasi jagung yang masih panas. Nasi Jagung ini telah menjadi ciri khas warung ini. Oya … kalau mau menikmati hidangan disini beserta dengan nasi jagungnya, buruuaaannn .. karena kalau udah lewat dari jam 1 siang, suka udah habis semua.

6. Cumi-Cumi Hitam

Makanan khas Tuban yang berasal dari laut lainnya adalah cumi-cumi hitam, cumi-cumi hitam adalah makanan yang banyak dicari dan menjadi makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke Tuban, baik itu wisatawan lokal maupun asing. Cumi-cumi biasanya dimasak dengan bumbu hitam. Bumbu tersebut berwarna seperti itu bukan karena ketetesan tinta printer bajakan yang dijual dengan suntiknya. Tapi karena pengaruh tinta hitam alami yang ada di dalam hewan laut tersebut.

Penyajian cumi-cumi hitam ini disajikan di atas daun jati dan campur nasi putih yang hangat dan pulen, selain itu ada juga sayur cumi yang pastinya menambah nafsu makan dan perut lebih kenyang. Bumbunya tidak encer. Lebih pekat, kental, dan lebih kaya rempah. Bumbu hitamnya juga tidak “meng-kuah” seperti umumnya cumi hitam. Tapi lebih menempel pada daging cuminya.
Tekstur daging cumi juga lebih lunak dan empuk. Untuk menikmati cumi ini disarankan datang ke Jalan Ahmad Dahlan, Kabupaten Tuban.

7. Opor Ayam Khas Tuban

Opor ayam identik dengan lebaran Idul Fitri, tapi kamu tidak perlu menunggu satu tahun untuk bisa menikmati lembutnya daging dan gurihnya daging ayam yang ada pada opor. Cukup mampir di pinggir pantai sekitar Tuban banyak juga warung yang menyediakan opor ayam. Ayam yang digunakan dalam masakan opor ayam Tuban ini adalah ayam kampung juga. Bedanya opor ayam yang ada di Tuban adalah ayam yang dibakar terlebih dahulu sebelum dijadikan opor, pasti aroma nya sangat menggoda.

Selain itu, opor khas Tuban ini menggunakan resep kuno hingga berbeda warna kuahnya. Kalau biasa opor itu warnanya kuning pucat, berbeda dengan opor ini kuahnya berwarna kuning kemerahan. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Warung Opor Ayam Mak Nimbing/ Mak Mbing di Jalan Kemuning, Tuban, Jawa Timur.


8. Es Bubur Sum-Sum

Tuban memang terkenal cukup panas, karena lokasinya di pesisir pantai. Oleh sebab itu terasa nikmat benar bila menyeruput segarnya es bubur sumsum yang berlokasi di jalan Pemuda, atau lebih tepatnya di depan toko Tetap Terang, Tuban. Es bubur sum-sum yang manis ini cocok digunakan sebagai makanan penutup setelah mencicipi makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya.

Bubur sum-sum terbuat dari tepung beras dengan siraman kuah gula merah terasa lembut dan manis sehingga mudah untuk ditelan dan berasa menyegarkan. Selain rasanya enak dan menggunakan bahan yang sederhana, bubur ini cukup mudah dalam proses pembuatannya. Bubur sumsum biasa juga disajikan bersama candil, pacar cina dan dapat juga diberi es batu atau diserut.  


9. Warung Soto Sleko

Di tempat makan satu ini anda bisa menikmati menu soto ayam dan juga ayam goreng yang rasanya sangat lezat. Keistimewaan ayam goreng ini adalah pemakaian ayam kampung sebagai bahan utamanya, menu lainnya yang juga menggugah selera adalah sambal terasinya.

Anda bisa meminta lontong maupun nasi putih yang pulen untuk teman makan soto ini. Sotonya terasa gurih dan mampu menggoyang lidah. Warung yang berlokasi di bundaran Sleko ini buka pada sore hari sekitar jam 5 sore. Meskipun demikian, tempat makan ini cukup ramai dikunjungi oleh banyak pengunjung.

10. Sate Kambing Haji Sapuan

Sate Kambing Haji Sapuan ini menjadi rekomendasi sebagai tempat wisata kuliner di Tuban. Bagi kamu penggemar sate kambing, kamu bisa datang ke alamat Jalan RE. Martadinata, Tuban. Lokasinya persis disamping klenteng Tuban sebelah pos polisi. Di tempat wisata kuliner ini selain menikmati menu sate tersedia juga gulai yang sangat enak dan lezat.

Sate kambing di tempat wisata kuliner ini terkenal paling enak, empuk dan juga sangat gurih. Sate kambingnya gendut, empuk dan ngga bau prengus. Fresh, baru dipotong dan dibakar dengan minim bumbu. Di tempat wisata kuliner Tuban ini menawarkan beberapa menu andalannya yang sangat spesial yaitu sate kambing, sate ati dan gulai kambing. Bumbunya, tentunya lebih enak bumbu kecap daripada bumbu kacang. Lebih segar lagi jika tomat dan bawangnya dibejek bejek sampai kecapnya agak mencair.

Editor : Azhari Nasution