logo

Ini Dia Duta Bulutangkis Indonesia Di Piala Sudirman (8 - Mohammad Ahsan)

Ini Dia Duta Bulutangkis Indonesia Di Piala Sudirman (8 - Mohammad Ahsan)

Muhammad Ahsan. (Foto: Dok PBSI).
24 Mei 2019 09:37 WIB
Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pasang surut prestasi Muhammad Ahsan membuat pria kelahiran Palembang, 7 September 1987 ini mengalami gonta ganti pasangan. Ia sempat nyaman berpasangan dengan Hendra Setiawan beberapa tahun dan mereguk prestasi yang cukup membanggakan.

Namun sejak Olimpiade Rio De Janeiro, Brasil 2016, pasangan ini dipisahkan oleh pelatih. Secara bergantian Ahsan dipasangkan dengan Berry Anggriawan atau Rian Agung Saputro. Namun hasilnya tidak kunjung membaik.

Muak dengan kondisi di Pelatnas yang tidak menjanjikan, pria bertinggi badan 173 cm dan berat 73 kg ini memilih keluar dari Pelatnas dan menjadi semi professional dengan pasangan lamanya Hendra Setiawan.

Rupanya bermain bebas dengan biaya sendiri mengikuti berbagai turnamen, membuat prestasi Ahsan bersama Hendra kembali meningkat. Mereka menembus kelompok 10 besar dan terakhir menjuarai turnamen paling bergengsi All England 2019.

Melihat prestasi Ahsan yang cukup menjanjikan, mereka pun diadopsi kembali di Pelatnas Cipayung kendati tidak dicatat sebagai anggota Pelatnas resmi.

Sepanjang 2019 ini saja, Ahsan bersama Hendra sudah meraih gelar Juara Singapore Open 2018 Super 500, Juara All England 2019, dan Juara New Zealand 2019 Super 300.

Ketika ditanya pertandingan mana yang paling berkesan selama karirnya di bulutangkis, Ahsan menjawab juara dunia 2013.

"Saat memenangkan gelar Juara Dunia 2013, karena itu pertama kalinya saya jadi juara dunia. Cita-cita sejak kecil mau jadi juara dunia. Saya puas dengan permainan saya di turnamen itu," katanya. ***

Editor : Markon Piliang