logo

SPSI Bekasi Buka Posko Pengaduan THR 2019

SPSI Bekasi Buka Posko Pengaduan THR 2019

Ilustrasi.
24 Mei 2019 01:53 WIB
Penulis : Dharma/Aji

SuaraKarya.id - BEKASI: Serikat Pekerja Selurh Indonesia (SPSI) Kota Bekasi membuka posko pengaduan terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) keagamaan di wilayah itu.

Demikian dikatakan Ketua SPSI Kota Bekasi Abdullah di Bekasi, Kamis (23/5/2019).

"Posko THR ini untuk menampung sejumlah persoalan yang dihadapi pekerja terdahap pemberian tunjangan tahunan ini oleh perusahaan," ujarnya.

Abdullah mengatakan, posko THR ini telah dibentuk di sejumlah perusahaan-perusahaan di wlayahnya termasuk juga di Kantor SPSI Kota Bekasi. Menurut dia, pembentukan posko THR sangat efektif selain sebagai fungsi pengawasan.

"Jika terdapat kendala maka dapat dicarikan solusi agar tidak ada yang dirugikan," katanya.

Abdullah juga mengingatkan, jika perusahaan mengalami keberatan ataupun masalah keuangan harus bisa menempuh jalur yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Tujuannya untuk melakukan penangguhan dan dijelaskan secara transparan terhadap kendala yang dihadapinya," jelasnya.

Menurut dia, pemberian THR ini sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 maupun surat edaran Kementerian Tenaga Kerja bahwa setiap perusahaan wajib memberikan tunjangan hari raya keagamaan.

"Hari ini, Hari Raya Idul Fitri tepat jatuh pada tanggal 6 Juni 2019, maka dua minggu sebelum pelaksanaan hari raya keagamaan wajib memberikan THR," tegasnya.

Namun demikian, meski setiap tahunnya pemberian THR keagamaan di wilayahnya tidak mengalami kendala, Abdullah berharap agar tahun ini dapat berjalan kondusif.

"Mudah-mudahan tahun ini cukup mulus terhadap pelaksanaan pemberian THR. Dan peranserta pemerintah agar dapat membantu mengontrol pembayaran THR tersebut," ujar dia. ***


 

Editor : Gungde Ariwangsa SH