logo

DPMTSP Ambon Lakukan Koordinasi Pengendalian Investasi PMDN Dan PMA Tahun 2019

DPMTSP Ambon Lakukan Koordinasi Pengendalian Investasi PMDN Dan PMA Tahun 2019

23 Mei 2019 23:56 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AMBON: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Ambon melakukan koordinasi pengendalian investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) pada 2019.

Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru, Kamis  (23/5/2019), mengatakan, pertumbuhan investasi di kota Ambon setiap tahun mengalami peningkatan, bukan hanya investasi lokal tetapi juga nasional.

"Iklim investasi yang terus meningkat setiap tahun sejalan juga dengan perubahan regulasi pemerintah pusat maupun daerah, karena itu perlu untuk dilakukan koordinasi pengendlaian investasi," ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, setiap jenis usaha yang dilakukan pelaku usaha harus sejalan juga dengan aturan dari pemerintah, baik itu terkait perijinan maupun aturan lainnya yang harus ditindaklanjuti.

"Kita berupaya untuk mengembangkan iklim investasi tetapi masih terkendala dengan jenis usaha yang terbatas maupun yang semakin berkembang atu mengalami perubahan skala usaha," ujarnya.

Maraknya investasi di Kota Ambon kata Anthony, seperti Hypermart,Informa, Pizza Hut, bioskop XXI maupun Platinum, menandakan iklim investasi semakin baik.

"Tugas Pemkot Ambon melakukan penyesuaian atau perubahan regulasi, karena itu dibutuhkan koordinasi bersama antara pemerintah dan pelaku usaha," tandasnya.

Kepala DPMTSP Pemkot Ambon, Fernanda Louhenapessy menyatakan, koordinasi antarlembaga dalam peningkatan investasi penanaman modal baik itu dalam negeri maupun luar negeri terus dilakukan.

Sejauh ini iklim investasi di Ambon, meningkat baik investor dalam maupun luar negeri dalam skala mikro, kecil maupun menengah yakni mulai pada 2017 hingga triwulan dua 2019.

Indikatornya terkait perijinan kerena seluruhnya sudah tersistem disertai sistem pelaporan setiap tahun lengkap, yakni mengalami peningkatan mencapai 71 persen pada 2018,

Fernanda mengemukakan,  kegiatan ini bertujuan agar seluruh stakeholder memberikan masukan bagaimana strategi penanaman modal di kota Ambon dari seluruh sektor usaha.

"Kita berharap ada kesamaan pikir antar pemerintah dan pelaku usaha sehingga kedepan iklim usaha di kota Ambon terus mengalami peningkatan," tandasnya. ***

Editor : Azhari Nasution