logo

Terbukti,Pembelian Tiket Online Pesawat Di Sorong Alami Penurunan Harga 12-16 Persen

Terbukti,Pembelian Tiket Online Pesawat Di Sorong Alami Penurunan Harga 12-16 Persen

Kepala Bandara DEO Sorong,Rasburhany Umar /Foto:(Yacob Nauly)
23 Mei 2019 22:45 WIB
Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - SORONG:Kepala Bandara DEO Sorong, Rasburhany Umar, mengatakan, terhitung 16 Mei 2019 pembelian tiket online di Sorong  mengalami penurunan harga  dari 12 hingga 16 persen  berdasarkan  Keputusan Menteri (KM) Perhubungan RI Nomor 106, tertanggal 15 Mei 2019.

Dicontohkan, semisal penerbangan Sorong ke Jakarta  untuk Batik Air, batas atas Rp3.700.200/tiket.  Terjual Rp3.324.000. Maka, terjadi penurunan harga pembelian tiket online sebesar  12 hingga 16 persen.

Penurunan  penjualan  harga tiket online tersebut  sudah terjadi beberapa hari  ini di Sorong.  Dan, ini sangat membantu masyarakat yang bepergian  ke luar Sorong. Apakah ke Ambon, Jakarta, Makassar dan sebagainya.

 “Bila ada perusahaan penerbangan yang  tidak mentaati  KM 106 tersebut  maka  kami akan melakukan investigasi.  Maksudnya, kami akan  mencari tahu alasan  apa sehingga perusahaan penerbangan itu tidak  menjalankan perintah KM tersebut,”kata  Kepala  Bandara DEO Sorong, Rasburhany Umar kepada Suara Karya di Sorong, Kamis (23/5/2019).

 “Artinya harga tiket pesawat sudah  berubah  meski bervariasi mulai dari 12 hingga  16 persen penurunannya. Ini sesuai dengan Keputusan Menteri  (KM)  Nomor 106 tersebut,”katanya.

Saya baru tahu dari pemberitaan media bahwa  telah terjadi penurunan harga tiket online berdasarkan KM 106 tersebut.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah khususnya  Kementerian Perhubungan, karena telah berupaya keras sehingga  terjadi penuruan harga tiket  pesawat  kelas ekonomi  saat ini,”kata Sefnat, warga Kota Sorong  yang mengantar anaknya   hendak ke Jakarta, Kamis (23/5/2019) di Bandara DEO Kota Sorong.

Ia, menjelaskan, penurunan harga penjualan tiket online tersebut bukan terjadi untuk penerbangan Sorong ke Jakarta saja. Tetapi, ada tetangganya yang berangkat ke Makassar mau pun ke Maluku pun mengalami hal yang sama, yakni telah terjadi penurunan harga tiket pesawat.

Wrga Papua lainnya, Mama Dortea, yang ditemui di Bandara DEO Sorong, Kamis (23/5/2019) siang pun mengatakan terima kasihnya  kepada  pemerintah melalui Kementerian Perhubungan karena  dapat menurunkan harga penjualan tiket pesawat.

“Kalau mau dilihat penurunannya  tidak seberapa tapi sangat membantu kalau dua hingga tiga anak saya berangkat sekolah di Makassar mau pun   ke  Manado. Sangat terasa karena  terjadi pemangkasan biaya untuk membeli tiket, meski hanya 12 hingga 16 persen,”kata Mama Dorce.

Sesuai pantauan Suara Karya, warga Kota Sorong dan sekitarnya pada Kamis (23/5/2019), banyak yang sudah mulai  bepergian ke luar Sorong menggunakan pesawat. ***