logo

Prancis Terbuka: Siapa Mampu Hentikan Raja Tanah Liat Nadal

Prancis Terbuka: Siapa Mampu Hentikan Raja Tanah Liat Nadal

Rafael Nadal memenangkan Italia Terbuka kesembilan kalinya pada hari Minggu, gelar pertamanya tahun ini
23 Mei 2019 22:10 WIB
Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - PARIS: Rafael Nadal hanya menempati unggulan kedua di bawah Novak Djokovic pada turnamen tenis Grand Slam Prancis Terbuka 2019. Namun juara bertahan dari Spanyol ini tetap menjadi favorit kuat juara di Roland Garros, Paris, 26 Mei - 9 Juni mendatang.

Mengalahkan Nadal, juara Grand Slam 17 kali, di tanah liat menjadi tantangan utama dalam tenis putra. Karena itu sekali lagi, ia adalah favorit di Roland Garros.

Pemain berusia 32 tahun itu menang di Paris tahun lalu dan menjadi pemain kedua yang memenangkan Grand Slam yang sama sebanyak 11 kali, mengikuti Margaret Court di Australia Terbuka antara tahun 1960 dan 1973.

Meskipun mendominasi turnamen lapangan tanah liat dalam persiapan untuk Prancis Terbuka pada tahun-tahun sebelumnya, Nadal belum mencapai final tahun ini hingga kemenangannya di Italia Terbuka pada hari Minggu.

Ia tidak kehilangan satu set pun dalam perjalanannya ke final, di mana ia mengalahkan Djokovic 6-0 4-6 6-1 untuk merebut gelar pertamanya sejak Agustus.

"Anda meminta gelar. Akhirnya, saya memiliki gelar," kata Nadal setelah kemenangannya di turnamen yang ke 81.

"Bagi saya, hal yang paling penting adalah merasakan diri saya bermain dengan baik dan sehat, dengan energi yang saya butuhkan. Jika itu terjadi, rasanya saya akan memenangkan gelar cepat atau lambat," katanya seperti dilansir bbc.com.

"Saya senang mencapai level itu di turnamen terakhir sebelum Grand Slam."

Unggulan teratas Djokovic, 32, sedang berusaha untuk memegang keempat gelar Grand Slam untuk kedua kalinya dalam karirnya - setelah mengikuti pemain hebat Australia Rod Laver menjadi hanya orang kedua yang mencapai prestasi pada tahun 2016.

Juara Grand Slam 15 kali, yang menang di Paris pada 2016, melakukan pemanasan untuk turnamen itu dengan memenangkan Madrid Terbuka dan mencapai final Roma.

"Nadal, favorit nomor satu, tanpa diragukan lagi, lalu orang lain," kata Djokovic.

Djokovic juga mengidentifikasi unggulan keempat Austria Dominic Thiem dan unggulan ke-11 asal Italia Fabio Fognini, yang keduanya mengalahkan Nadal dalam perjalanan mereka untuk memenangkan gelar Barcelona Terbuka dan Monte Carlo Masters masing-masing, sebagai kemungkinan ancaman.

Petenis Yunani Stefanos Tsitsipas, 20, adalah bintang yang sedang naik daun di ATP Tour dan, setelah mengalahkan Federer di Melbourne dan Nadal di Madrid, unggulan keenam ini dijagokan untuk membuat kejutan di Paris. ***

Daftar unggulan delapan teratas:
1. Novak Djokovic,
2. Rafael Nadal (Spanyol)
3. Roger Federer (Swiss),
4. Dominic Thiem (Austria),
5. Alexander Zverev (Jerman),
6. Stefanos Tsitsipas (Yunani),
7. Kei Nishikori (Jepang),
8. Juan Martin del Potro (Argentina)