logo

Ustaz Arifin Ilham Hembuskan Nafas Terakhir, Presiden Ucapkan Duka Cita

Ustaz Arifin Ilham Hembuskan Nafas Terakhir, Presiden Ucapkan Duka Cita

Foto: Instagram.
23 Mei 2019 20:04 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ustaz Arifin Ilham mengembuskan napas terakhir di rumah sakit Penang Malaysia, Rabu (22/5/2019) malam. Banyak pihak terkejut dan berduka atas kabar kepergian salah satu ulama besar di Tanah Air itu.

Berbagai ucapan doa mengalir untuk mengantarkan kepergian sang ulama. Termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengucapkan duka cita atas meninggalnya Ustaz Arifin Ilham. Selain mendoakan Almarhum, Jokowi juga mendoakan keluarga yang ditinggalkan. 

Ucapan duka cita itu disampaikan Jokowi lewat Instagram, Kamis (23/5/2019. Ia mengunggah foto saat menjenguk Ustaz Arifin Ilham di rumah sakit dengan tulisan:

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas berpulang ke Rahmatullah, Ustaz Muhammad Arifin Ilham di Malaysia, kemarin.

Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan seluruh keluarga yang ditinggalkan diberiNya ketabahan dan kesabaran."

Dikabarkan, jenazah Almarhum langsung diterbangkan ke Indonesia dan dimakamkan di Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor, Kamis (23/5/2019) hari ini.  

Sesuai keterangan yang ditulis puteranya, Muhammad Alvin di salah satu unggahan di instagramnya, lokasi pemakaman tersebut sesuai dengan wasiat yang ditinggalkan Ustaz Arifin Ilham sebelum meninggal dunia.

Dilansir Serambinews.com, kabar kepergian sang ustaz pertama kali dibagikan oleh anaknya, Muhammad Alvin Ilham di akun instagramnya @alvin_411.

"innalillahiwainnailaihirojiun

Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham .

Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin.

insyaAllah secepatnya Abi dipulangkan dari malaysia dan dimakamkan di pesantren Azzikra gunung sindur bogor. Sekiranya jika ada salah kata atau perbuatan dari abi, mohon dibuka permintaan maaf sebesar besarnya. Ya Allah, jika ini yang terbaik, kami ikhlas ya Allah, kami ridho ya Allah."

Informasi dari hasil rangkuman TribunStyle menyebutkan, Ustaz Arifin Ilham berjuang melawan kanker getah bening tahun 2018. Lalu, pada awal Januari 2019, Ustaz Arifin kembali menghadapi kenyataan karena harus dirawat karena kanker nasofaring yang dideritanya.

Ustaz Arifin Ilham pun akhirnya dirawat di sebuah rumah sakit di Penang Malaysia setelah sebelumnya sempat dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Kondisi kesehatan sang ustaz sebelum meninggal dunia pun sempat naik turun.

Pada Selasa (21/5/2019), Muhammad Alvin Faiz mengabarkan kondisi ayahnya yang kritis. Lalu, kondisi Ustaz Arifin Ilham kembali stabil sesuai dengan informasi yang dibagikan istri pertamanya, Wahyuniati Al-Waly.

Namun, lagi-lagi kondisi Ustaz Arifin Ilham kembali kritis pada Rabu (22/5/2019) petang. Dan, akhirnya sang ustaz menghembuskan nafas terkahirnya pada Rabu (22/5/2019) malam.

Sebelum meninggal dunia, Ustaz Arifin Ilham sempat menuliskan sesuatu yang dibagikan oleh Muhammad Alvin Faiz di akun instagramnya.

"Bismillah berjumpa dengan Allah” - Tulisan terakhir Abi @kh_m_arifin_ilham sebelum wafat. Surga InsyaAllah, kami menjadi saksi bagaimana istiqomahnya abi selama ini. insyaAllah kembali bertemu di surga ya rabb, aamiin."

Dilaporkan Tribunnews.com, pada Rabu (22/5/2019) malam, Ustaz Arifin Ilham sempat menyampaikan pesan khusus sebelum tutup usia melalui Ustaz Yusuf Mansyur.

"Beliau bilang 'Abang udah siap menghadap Allah. Kekasih ketemu Kekasihnya, pasti senang. Kematian adalah pintu yang sangat indah. Bagi seorang hamba, jika ia kekasih, untuk ketemu dengan Kekasihnya,' begitu katanya," ungkap Ustaz Yusuf Mansyur.

Ustaz Arifin Ilham pun telah menyiapkan wasiat yang menyebutkan ingin dikafani, disholatkan dua kali dan dimakamkan di Gunung Sindur. ***

Editor : Pudja Rukmana