logo

Mampir Trenggalek Yuk, Banyak Destinasi Kerennya Loh buat #PesonaMudik2019

Mampir Trenggalek Yuk, Banyak Destinasi Kerennya Loh buat #PesonaMudik2019

23 Mei 2019 16:55 WIB
Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - JAKARTA: Siapa yang mengikuti #PesonaMudik2019? Sekarang kita bahas Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Kabupaten Trenggalek berjarak 180 km dari Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Geografis Trenggalek berada di pesiri pantai selatan. Jangan heran ya kalau Trenggalek memiliki banyak wisata pantai. Dan semuanya indah.

“Trenggalek diuntungkan dengan lokasinya yang berada di pesisir. Lokasi yang sangat strategis untuk menjaring wisatawan. Juga menjadi lokasi strategis untuk pemudik,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya. 
Bagi kamu yang mudik melintasi Trenggalek, sayang banget kalau enggak mampir ke kota pantai ini. Berikut ulasan kawasan pantai Trenggalek #PesonaMudik2019 yang tersohor dengan keindahannya:

1. Pantai Prigi

Pantai Prigi berlokasi di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Dari Pusat Kota Trenggalek, Pantai Prigi berjarak kurang lebih 48 Km. 

Sebuah pelabuhan kecil terdapat di Pantai ini. Pelabuhan tersebut digunakan sebagai dermaga para nelayan yang tidak melaut. Banyak perahu-perahu nelayan yang bersandar di tempat ini. 

Di Pantai Prigi terdapat tempat pelelangan ikan. Selain itu, pengelola Pantai Prigi menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, diantaranya penyewaan ban, berenang, warung makan, penyewaan perahu, camping area, hotel, lapangan tenis, auditorium, dan tempat parkir yang luas.


2. Pantai Damas

Lokasi Pantai Damas sekitar 5 km dari Pantai Prigi. Pantai Damas memiliki pasir hitam yang eksotis dan alami. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan nyaman sehingga cocok untuk berenang dan berselancar.

Di Pantai Damas, kamu jiga bis amenyewa perahu nelayan untuk menikmati alam sekitar pantai


3. Pantai Blado

Pantai Blado menawarkan pemandangan alam yang indah. Terletak di Desa Munjungan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Dari pusat kota Trenggalek berjarak sekitar 49 Km, arah Selatan yang terkenal dengan pusat tanaman cengkeh dan durian.

Pantai ini memiliki luas sekitar 25 Hektare dan panjang pantai mencapai 3 km. Ombak di Pantai Blado sangat besar. Sangat cocok bagi kamu yang hobi berselancar. 


4. Pantai Pelang

Pantai Pelang dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pesisir Pantai Pelang dan kawasan parkirnya dipisahkan oleh sebuah sungai kecil yang berasal dari mata air Grobogan Sewu, bermuara ke Pantai Pelang. Muara sungai yang tidak dalam menjadikan kamu bisa menyebrangi muara sungai. Tapi bila kamu malas berbasah-basahan saat melintasi muara sungai, kamu bisa menggunakan jembatan.

Pantai Pelang memiliki hamparan pasir yang luas dan datar. Keindahan alamnya sangat keren, apalagi terdapat sebuah pulau kecil di tengah lautnya. Untuk kamu yang ingin ke pulau itu, dilarang berenang di pesisir Pantai Pelang karena ombaknya sangat besar dan ganas. Selain keindahan pantai, di lokasi ini kamu juga bisa bermain air di Air Terjun Grobogan Sewu yang berada 300 meter dari pesisir pantai.

Pantai Pelang berlokasi di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek atau sekitar 57 km dari pusat kota Trenggalek.


5. Pantai Pasir Putih Karanggongso

Pantai Pasir Putih Karanggongso berbeda dengan pantai lainnya di Trenggalek. Ombak yang tenang dan garis pantai panjang, bisa jadi lokasi berenang yang cukup menyenangkan. Air di Pantai Pasir Putih Karanggongso juga cukup jernih.

Selain berenang dan bersantai di pinggir pantai, kamu bisa menggunakan perahu untuk berkeliling pantai. Perahu dibanderol Rp100 ribu untuk rombongan. Dengan perahu, kamu juga bisa menjelajah ke pulau kecil di sekitar pantai seperti Watu Dukun, Pantai Asmara, Watu Bentis dan Goa Merah.

Di kawasan pantai Pasir Putih ini juga terdapat sebuah dermaga sederhana yang menjadi ikon pantai Pasir Putih. Dermaga ini kerap dijadikan lokasi foto prewedding.

Pantai Karanggongsi merupakan pantai yang terbentuk daris ebuah teluk. Pantai ini berada di teluk Prigi. Kalau kamu ingin melihat pemandangan dari sudut lain, bisa mencoba naik ke atas tebing di sebelah barat. Dari titik itu, kamu bsia melihat pemadangan keseluruhan teluk yang sangat keren.


6. Goa Lowo

Goa Lowo berlokasi di Watu Agung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. akses menuju Goa Lowo berjarak 30km dari pusat kota dan memakan waktu kurang lebih 40 menit untuk bisa sampai dilokasi Goa Lowo. 

Sesuai namanya Goa Lowo ini banyak di huni lowo (kelelawar). Menurut ahli gua, Mr Gilbert Manthovani dan dr Robert K Kho pada 1984, Gua Lowo adalah gua alam yang besar di Asia Tenggara dengan panjang 800 meter. Penasaran? datanglah ke Goa Lowo.


7. Candi Brongkah

Wisata alam sekaligus edukasi di Trenggalek adalah Candi Brongkah. Candi ini pertama kali ditemukan pada 1994, di belakang salah satu rumah warga di Dusun Brongkah, Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Trenggalek. Salah satu arca yang ditemukan di Candi ini diidentifikasi sebagai nandi, lembu jantan kendaraan Dewa Siwa, dewa dalam agama Hindu.

Saat ini, Candi Brongkah berada 3 meter di bawah permukaan tanah pekarangan warga. Lokasi


8. Pantai Ngampiran

Pantai Ngampiran masuk daftar pantai yang wajib dikunjungi di Trenggalek. Meski letak pantai cukup tersembunyi, pantai ini tetap dicari karena suasana lama yang tenang dan udaranya yang sejuk.

Pantai ini memiliki panjang sekitar 500 meter dengan luas sekitar 700 hektare. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik. Kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan di sekitar lautan Pantai Ngampiran, bibir pantai dipenuhi batu karang berwarna hitam dan besar, dan di sepanjang pantai terdapat hamparan sawah yang luas dan hijau.

Lokasi Pantai Ngampiran di Desa Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, atau sekitar 50 km dari Kabupaten Trenggalek. 


9. Upacara Dam Bagong

Upacara Dam Bagong merupakan upacara larung kepala kerbau yang dilaksanakan rutin setiap tahun di Kleurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek. Upacara ini digelar sebagai bentuk puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus mengenang Ki Ageng Menak Sopal sebagai Pahlawan Pertanian.

Saat upacara digelar, biasanya ribuan pengunjung akan menonton. Sebelum dilarung, kepala kerbai terlebih dahulu diarak dan berjarak 1 km. Berbagai acara ditampilkan selain larung, seperti pengajian, wayang kulit, ruwatan dan seni tradisional jaranan.


10. Agrowisata Trenggalek Agropark

Trenggalek Agropark merupakan wisata buatan yang sangat kekinian. Wisata yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Trenggalek, kamu bisa mendapatkan edukasi di bidang pertanian dan peternakan.

Trenggalek Agropark ini menyajikan taman hidroponik, taman aneka obat-obatan keluarga, taman sayur mayur, padi, budidaya lele, budidaya kambing, budidaya kelinci, dan budidaya ikan koi.

Editor : Gungde Ariwangsa SH