logo

Alvin Faiz Meminta Doa Untuk Kesanggupan Merawat Pesantren Yang Dititipkan Ustadz Arifin Ilham

Alvin Faiz Meminta Doa Untuk Kesanggupan Merawat Pesantren Yang Dititipkan Ustadz Arifin Ilham

Tiga putra Ustadz Arifin Ilham, Muhammad Amer Azzikra, Muhammad Alvian Faiz, dan Muhammad Azka Najhan di Majelis Az-Zikra Sentul Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Kamis (23/5/2019). (Antara)
23 Mei 2019 14:08 WIB
Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - BOGOR: Putra sulung Ustadz Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz mengaku tidak akan lupa apa yang diwasiatkan mendiang ayahnya, yaitu merawat Pesantren Az-Zikra, terlebih kini Alvin menggantikan peran Pimpinan Majelis Az-Zikra itu sebagai kepala keluarga.

"Pesan Abi yang terakhir itu jaga pesantren. Itu pesan yang selalu Abi sampaikan," ujarnya didampingi dua saudaranya Muhammad Amer Azzikra dan Muhammad Azka Najhan kepada awak media di Majelis Az-Zikra Sentul Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019).

Meski begitu, ketika ditanya kesiapannya menggantikan posisi Ustadz Arifin Ilham, Alvin nampak masih ragu. Ia berbalik meminta doa untuk kesanggupan merawat pesantren yang dititipkan.

"Itu sudah amanah, kalau dibilang siap Alvin gabisa jawab, insyaallah kami mohon doa," kata Alvin.

Selain diminta untuk menjaga pesantren, Alvin mengaku terus terngiang mengenai pesan moral yang selalu disampaikan Ustadz Arifin, yaitu mengenai ketabahan.

"Jangan berlarut dalam kesedihan kata Abi, karena semua akan wafat, dunia ini sementara," tuturnya seperti dikutip Antara.

Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada usia 49 tahun pada Rabu (22/5) pukul 23.20 di Penang, Malaysia, tempat dia menjalani pengobatan penyakit kanker.

Seperti diketahui, Almarhum Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia pada usia 49 tahun pada Rabu (22/5) pukul 23.20 di Penang, Malaysia, tempat dia menjalani pengobatan penyakit kanker.  Dia menderita penyakit komplikasi, salah satunya kanker kelenjar getah bening.

Jenazah Ustadz Arifin Ilham rencananya tiba di Indonesia pada Kamis siang. Jenazah akan disolatkan di Masjid Az Zikra dan dikebumikan di komplek pemakaman Pesantren Az Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Almarhum Ustadz Arifin Ilham memiliki dua pesantren bernama Az-Zikra di Kabupaten Bogor. Satu di Sentul Babakan Madang, satu lainnya di Gunung Sindur.

        Ulama Yang Disegani

Sementara itu Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buya Anwar Abbas mengatakan Indonesia kehilangan ulama yang disegani dengan meninggalnya Ustadz Arifin Ilham pada Rabu (22/5).

"Indonesia berduka dengan kehilangan ulama yang disegani dan dihormati di negeri ini," kata Anwar di Jakarta, Kamis.

Dia menyebut ceramah-ceramah Ustadz Arifin Ilham menarik dan menggetarkan.

"Beliau adalah sosok ulama muda yang energik, yang banyak memberi inspirasi bersama Aa Gym, Abdul Somad, Adi Hidayat dan lainnya," kata Anwar.

Anwar menambahkan Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia pada bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah.

       Presiden Belasungkawa

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Ustad Arifin Ilham.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka cita atas berpulang ke Rahmatullah, Ustadz Muhammad Arifin Ilham di Malaysia, kemarin," demikian cuitan akun Presiden @jokowi dalam media sosial Twitter dikutip Antara pada Kamis.

Presiden menyampaikan doa semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah Swt.

Presiden juga berharap keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan dan kesabaran. ***