logo

Enam Orang Meninggal, 200 Orang Luka-Luka Dirawat RS

Enam Orang Meninggal, 200 Orang Luka-Luka Dirawat RS

Gubernur DKI Anies Baswedan meninjau korban luka-luka di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019)
22 Mei 2019 12:00 WIB
Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sebanyak enam orang dikabarkan meninggal dunia akibat penyerangan dan betrok dengan aparat dalam unjuk rasa di kawasan kantor Bawaslu Jalan MH Thamrin dan serangan ke markas FPI di Petaburan, Jalan KS Tubun, Rabu (22/5/2019).

Gubernur Provinsi DKI, Anies Baswedan, menyatakan enam orang dipastikan meninggal dunia akibat aksi demonstrasi dan penyerangan ke Markas FPI.

" Ya informasi yang disampaikan kepada saya, ada enam saudara-saudara kita yang meninggal dunia dan 200 orang luka-luka dirawat di lima RS," ujar Anies.

Sementara itu, Gubernur Anies meninjau kondisi terkini kawasan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, pada Rabu pagi (22/5/2019). Seperti diketahui sebelumnya, kawasan ini sempat menjadi lokasi demonstrasi sejak Selasa (21/5/2019) malam.

Anies pun melakukan peninjauan fasilitas kesehatan Mobil Ambulans Gawat Darurat (AGD) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta yang telah bersiap siaga serta memastikan kondisi keamanan dan kebersihan di ruas jalan tersebut.

"Saya ke sini mau inspeksi fasilitas kesehatan kita dari semalam mereka membawa beberapa orang yang luka ke RS dan kita pastikan semua dirawat dengan baik. Kalau keamanan ring 1 polisi, kemudian dari TNI. Kalau di kita, Satpol membantu untuk tim kesehatan, kemudian sekitar pasar. Kalau keamanan sini tidak,” ujarnya.

Tim Dinkes DKI Jakarta bersiaga di 25 titik strategis seperti di sekitar KPU dan Bawaslu. Dinkes Provinsi DKI Jakarta juga menyiagakan 42 Puskesmas serta 32 RSUD. Untuk transportasi pasien, Dinkes Provinsi DKI Jakarta akan mengerahkan 82 unit ambulans dan 15 Unit Respons Cepat (URC)/Ambulans Sepeda Motor dari AGD.

Selain itu, Dinkes Provinsi DKI Jakarta juga menyiagakan 82 dokter, 173 perawat, dan 82 driver. "Kalau tim kesehatan pakainya ambulans. Untuk Satpol PP, mereka membantu tim pengamanan ambulans.

Sekitar Tanah Abang ada 300-an (personel)," kata Anies. Selain memastikan kesiapsiagaan tim kesehatan, Gubernur Anies juga meninjau truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Anies memastikan petugas kebersihan akan tetap bertugas tanpa henti, serta menyiagakan 4 truk sampah di sekitar lokasi demonstrasi.

“Pasukan kebersihan kita tidak berhenti. Bahkan, di ujung sini di dekat BI, truk kita stand by di situ, semua tim kebersihan jalan terus. Jadi, bisa dibilang kalau biasanya kerjanya pagi, lalu nanti diberi jeda. Kalau sekarang tidak ada jeda,” tutur.

Turut mendampingi Gubernur dalam tinjauan ini, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, dan para pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Editor : Yon Parjiyono