logo

Sudirman Said, Sugiono, Ferry Yuliantono, Anak Amien Rais Dan Mustofa Gagal Masuk DPR

Sudirman Said, Sugiono, Ferry Yuliantono, Anak Amien Rais Dan Mustofa Gagal Masuk DPR

Foto: Istimewa
16 Mei 2019 18:31 WIB
Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sejumlah elite Partai Gerindra tumbang dalam 
persaingan pemilihan legislatif di Provinsi Jawa Tengah. Ini diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) merampungkan rekapitulasi suara pemilu tingkat nasional Provinsi Jawa Tengah, di kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019). 

Dilansir Merdeka.com, Jawa Tengah dengan jumlah pemilih lebih dari 20 juta jiwa, memiliki 1.046 caleg untuk memperebutkan 77 kursi. Persaingan antarcaleg pun berlangsung ketat di basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Adalah Sudirman Said yang tanpa diduga-duga gagal melenggang ke Senayan Jakarta. Meski meraup suara hingga 81.787, mantan Calon Gubernur Jawa Tengah dari koalisi Gerindra pada Pilkada 2018 ini gagal terpilih dari dapil Jateng IX yang meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal. 

Kemudian, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, yang juga orang dekat Prabowo Subianto, Sugiono juga gagal mendapatkan kursi DPR. Dia bertarung di Dapil I Jateng meliputi Semarang, Kendal, dan Salatiga.

Elite Gerindra lain yang gagal ke Senayan adalah Waketum Ferry Juliantono yang berasal dari Dapil IV, Sragen, Karanganyar, Wonogiri. Ada juga nama anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Mustofa Nahrawardaya yang merupakan caleg PAN. Dia tak berhasil lolos dari Dapil V Jateng di Klaten, Sukoharjo, Boyolali, Kota Surakarta.

Anak Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, juga tak berhasil menjadi anggota legislatif dari PAN. Dua nama tersangka korupsi, Taufik Kurniawan dari PAN dan Bowo Sidik Pangarso dari Golkar, gagal dalam pencalegan. Nama Waketum MUI yang merupakan caleg PPP Zainut Tauhid (PPP), pun mengalami nasib sama.

Sejumlah nama beken publik figur, baik selebriti maupun atlet juga gagal. Di antara mereka adalah Jamal Mirdad (Gerindra), Cut Meyriska (NasDem), Adly Fairuz (NasDem) Yayuk Basuki (PAN), Tamara Geraldine ( PDIP), Bertrand Antolin (NasDem), Nafa Urbach (NasDem), Chris John (NasDem), Annisa Bahar (NasDem), Kristina Iswandari (NasDem), Jonathan Frizzy (NasDem). ***

Editor : Pudja Rukmana