logo

Aset Pemkot Bandung Baru 13 Persen Yang Bersertifikat

Aset Pemkot Bandung Baru 13 Persen Yang Bersertifikat

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna
16 Mei 2019 18:31 WIB
Penulis : Ahmad Syukri

SuaraKarya.id - BANDUNG: Aset milik Pemkot Bandung masih banyak yang belum memiliki sertifikat. Saat ini  baru  13 persen aset milik Pemkot Bandung yang telah bersertifikat.

"Kalau tidak salah, data yang saya dapat Bandung baru 13 persen asetnya bersertifikat. Tapi semoga saja 87 persen di antaranya ini enggak potensi konflik," kata Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna Ema kemarin ini.

Ema mengatakan ada beberapa kendala yang membuat aset itu belum bersertifikat. Mulai dari masalah data, hingga anggaran menjadi beberapa penyebab banyaknya aset Pemkot Bandung tidak bersertifikat.

"Setiap tahun ada anggaran sertifikat aset. Makanya ini harus kita progres. Ini perlu dana besar," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencatatan dan Pelaporan Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung Siena Halim menyebutkan aset lahan yang dimiliki Pemkot Bandung hingga Desember 2018 tercatat kurang lebih seluas 18.968.173 meter persegi.

Sebagian besar aset Pemkot Bandung berupa jalan umum, fasilitas umum atau ruang terbuka hijau dan juga kantor. Dari total aset itu yang sudah memiliki sertifikat kurang lebih sebanyak 2.838.468 meter persegi.

"Luas sertifikat itu belum termasuk yang baru jadi dari program PTSL seluas 669.902 meter persegi untuk aset sewa. Sehingga total yang bersertifikat sebesar 3.508.370 meter persegi," katanya.

Untuk tahun ini, ia menyebutkan BPKA Kota Bandung sedang mengajukan proses sertifikat aset di beberapa titik. Berdasarkan target RPJMD yang telah ditetapkan tahun ini ditargetkan 200 ribu meter persegi lahan yang jadi aset Pemkot Bandung bisa rampung sertifikatnya.

"Untuk target itu kami anggarkan Rp 1,3 miliar untuk biaya dan penunjang lainnya," ujarnya. ***      

Editor : Pudja Rukmana