logo

Ricuh PSS Sleman VS Arema FC, Polda DIY Tahan 6 Provokator

 Ricuh PSS Sleman VS Arema FC, Polda DIY Tahan 6 Provokator

Foto Istimewa
16 Mei 2019 16:05 WIB
Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SLEMAN: Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya berhasil mengamankan 6 orang yang diduga bertindak sebagai provokator kericuhan, saat laga pembuka Liga 1 2019 antara PSS Sleman dan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Rabu (15/5/2019) malam. Keenam provokator itu sekarang di tahan di Mapolda DIY untuk proses pemeriksaan intensif.

"Mereka diamankan karena diduga telah memprovokasi melakukan pelemparan botol sehingga penonton lain ikut-ikutan, sehingga tercipya kondisi yang memanas," kata Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri, Kamis (16/5/2019).

Dijelaskan, awal kericuhan karena ada yang melempar botol. Kemudian diikuti penonton lain dan akhirnya terjadi aksi saling melempar botol. Bukan itu saja, karena botol sudah habis akhirnya mereka melempar benda-benda yang bisa dilempar, termasuk pecahan keramik ikut dilempar.

Aksi itu menyebabkan 20 orang mengalami luka. Seperti benjol dan tergores terkena benda yang dilempar. Namun Dofiri belum bisa memberikan keterangan enam orang yang diamankan dari kelompok suporter mana.

"Yang jelas enam orang diduga sebagai provokator pelemparan dan sekarang masih dalam pemeriksaan. Statusnya masih terperiksa. Kemungkinan dari pengembangan pemeriksaan bisa bertambah lagi yang diperiksa," ungkapnya.

Dofiri menambahkan, pada awalnya pertandingan berjalan aman dan lancar. Termasuk ada penyambutan suporter Arema FC di Prambanan dan di dalam stadion. Polda juga sudah mengantisipasi pertandingan dengan menyiapkan sekitar 1.000 personel gabungan TNI-Polri.

Terbukti saat ada yang memprovokasi segera bisa diatasi dan pertandingan yang sempat terhenti sekitar 30 menit bisa dilanjutkan lagi.***

Editor : Yon Parjiyono